alexametrics

Gara-gara Xiaomi, Tahun Depan Smartphone RAM 12 GB Bakal Marak

loading...
Gara-gara Xiaomi, Tahun Depan Smartphone RAM 12 GB Bakal Marak
Xiaomi Mi Mix 3 menjadi ponsel pionir yang menghadirkan smartphone dengan RAM 10 GB. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Tahun ini Xiaomi memecahkan rekor sebagai perusahaan pertama yang mengadopsi RAM 10 GB ke dalam smartphone-nya, bukan hanya satu tapi dua. Dan kemungkinan besar bakal terjadi pemecahan rekor kembali dengan adanya pabrikan yang berani melahirkan ponsel RAM 12 GB.

Seperti diketahui, Xiaomi belum lama ini mengumumkan smartphone RAM 10 GB pertamanya yakni Mi Mix 3. Kemudian disusul kemunculan Black Shark Helo dan tak lama kemudian Nubia mendatangan ponsel gaming dengan RAM yang sama.

Kita tidak dapat memprediksi apakah kapasitas ini akan menjadi mainstream pada tahun depan atau tidak. Yang pasti, pabrikan tidak akan berhenti di sini, baik itu Xiaomi atau lainnya.

Sebut saja, baru-baru ini, Micron mengumumkan telah memulai produksi massal chip memori LPDDR4X generasi kedua. Kecepatan kinerjanya sanggup menembus angka 4266Mbps, sementara kapasitas chip tunggal-nya bisa mencapai 12 GB.

Dibandingkan generasi pertama RAM LPDDR4X-4266, konsumsi daya dari generasi kedua berkurang 10%. Itu bisa direalisasikan karena penggunaan proses 10nm (10 ~ 18nm). Pada saat yang sama, setelah chip tunggal ditingkatkan menjadi 1,5 GB, maka dapat menghemat ruang bagi pabrikan untuk menyebarkan 6 GB/12 GB.

Menurut laporan industri, chip memori baru Micron saat ini memiliki kapasitas tertinggi industri dan untuk momen sekarang memiliki produk DRAM 4x jam tercepat. Tetapi Anda wajib diingatkan, bahwa pada bulan Juli tahun ini, Samsung pertama kali merilis RAM LPDDR4X-4266 dengan kapasitas 16 GB, yang juga didasarkan pada proses 10nm lanjutan.

Data menunjukkan bahwa memori LPDDR4X pertama kali diperkenalkan oleh Samsung dan produsen lainnya. Ini terutama mengurangi tegangan Vddq dalam memori LPDDR4 dari 1.1V ke 0.6V, dan tegangan Vdd2 tetap tidak berubah pada 1.1V. Dibandingkan LPDDR4, LPDDR4X memiliki tegangan yang lebih rendah, yang secara efektif mengurangi konsumsi energi memori.

Sekarang hanya Kirin 980 yang dapat mendukung memori LPDDR4X-2133 tertinggi industri. Tetapi dengan peningkatan kebutuhan throughput data di era 5G, LPDDR4X berfrekuensi tinggi dan berkapasitas tinggi akan menjadi mainstream.

Chip memori baru Micron akan memberikan kinerja pemrosesan data yang lebih baik untuk aplikasi seluler komputasi dan data-intensif seperti video AI, AR, 4K. Mereka akan digunakan di perangkat seluler seperti ponsel cerdas, tablet, dan lain-lain.
(mim)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak