alexametrics

Festival Belanja Online Diakui Masih Sering Terjadi Server Down

loading...
Festival Belanja Online Diakui Masih Sering Terjadi Server Down
Ilustrasi belanja online. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - - Berbelanja online nampaknya kini sudah semakin menjadi tren dikalangan masyarakat. Apalagi setiap tahun pada tanggal tertentu yang dijadikan sebagai ajang diskon besar-besaran.

Misalnya saja 11.11 dan hari belanja online nasional (harbolnas) yang jatuh pada 12 Desember. Nampaknya dua kesempatan ini menjadi hari yang ditunggu para pemburu diskon atau promo yang ditawarkan para platform belanja online.

Namun sebenarnya bagaimana sih pendapat masyarakat soal festival belanja online ini?

SINDOnews mencoba berbincang dengan beberapa orang terkait festival diskon ini, salah satunya Muhammad Aga (24). Pria yang sehari-harinya bekerja di perusahaan swasta ini mengaku sama sekali tidak ada ketertarikan dengan festival belanja online.

Ia, menjelaskan dirinya memiliki stigma bahwa setiap ada momen banjir diskon seperti harbolnas dan 11.11 server pasti mengalami gangguan, yang menyebabkan transaksi susah untuk dilakukan.

"Kalau kayak gitu pasti ngantri banget, servernya down lah terlalu banyak user, ujung-ujungnya ya nggak dapet juga, kan jadi males sendiri, padahal udah siap-siap lebih awal" tutur Aga.

Senada dengan Aga, Ira Fitriani (24) juga mengatakan hal yang sama, ia lebih memilih berbelanja online saat periode reguler dibanding harus berebut dan akhirnya tidak mendapat barang yang diinginkan saat periode festival belanja.

"Waktu itu pernah belanja pas festival diskon beberapa bulan lalu, udah tinggal bayar, tinggal liat virtual accountnya tapi gabisa bisa, eh tiba-tiba barangnya sold out," ujarnya

Hal serupa juga dibenarkan oleh Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia, yang menjelaskan bahwa salah satu kendala yang sering terjadi adalah situs e-commerce yang suka down saat pelaksanaan pesta diskon.

"Karena animo yang cukup besar dari masyarakat, kendala yang sering terjadi adalah situs e-commerce yang suka down," kata Indra saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (10/11/2018).

Selain itu ujar pria yang juga menjadi ketua harbolnas 2018 ini, kendala lain yaitu proses pengiriman barang yang lebih lama ketimbang hari-hari biasa. Namun dirinya yakin bahwa para pelaku e-commerce sudah memiliki cara untuk meningkatkan pelayanan mereka selama pesata belanja berlangsung.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak