Jadi Korban Gendam, Saldo Rekening Takmir Masjid di Malang Dikuras 3 Pelaku Ini

Kamis, 04 April 2024 - 09:48 WIB
loading...
Jadi Korban Gendam, Saldo Rekening Takmir Masjid di Malang Dikuras 3 Pelaku Ini
Tiga pelaku gendam yang menguras rekening salah satu pengurus takmir Masjid An Nur Perumahan Griya Shanta Malang. Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Polresta Malang Kota mengamankan tiga dari empat pelaku penipuan yang menguras rekening salah satu pengurus takmir Masjid An Nur Perumahan Griya Shanta, Kota Malang, dengan menawarkan modus sumbangan takjil.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Danang Yudanto menjelaskan, ketiga pelaku berinisial H (57) warga Kota Makassar, MN (61) warga Sindenreng Rappang, dan H (40) warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Ketiga tersangka beraksi di depan sebuah minimarket yang terletak di Puncak Borobudur Kecamatan Lowokwaru pada Sabtu (23/3/2024) lalu. Ketika itu, korban hendak membayar token listrik di minimarket tersebut.



Kemudian dia bertemu dua tersangka dan ditawari CSR senilai Rp500 ribu berupa 20 paket takjil untuk masjid yang dikelola korban. Lalu, tersangka mengajak korban untuk melakukan survei dan mengambil dokumentasi foto masjid.

Tersangka berdalih, hal itu dilakukan agar dana CSR bisa dicairkan. Setelah itu, korban diminta kembali ke ATM minimarket sebelumnya untuk mengecek saldo. “Tersangka diam-diam mencatat nomor pin korban,” katanya.



Kemudian, tersangka meminjam kartu ATM korban dan ditukarnya dengan kartu palsu yang mirip dengan milik korban. Selanjutnya, korban diberi nomor WhatsApp yang mengabarkan apabila uang sudah ditransfer. Tidak lama kemudian, korban mengecek saldo melalui M-Banking.

Karena merasa menjadi korban penipuan, pengurus takmir ini akhirnya lapor ke polisi. Setelah diselidiki polisi berhasil mengendus keberadaan empat orang pelaku di Cirebon. Tapi sayang saat diamankan satu pelaku berhasil melarikan diri.

”Dari komplotan tersebut ada satu pelaku yang berhasil melarikan diri. Selajutnya melakukan pengembangan dan membawa ketiga pelaku diamankan ke Polresta Malang Kota, saat ini kami masih dalami,” terangnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)