Kerahkan 12 Armada Bus, ITS Berangkatkan 435 Mahasiswa untuk Mudik Gratis

Kamis, 04 April 2024 - 21:13 WIB
loading...
Kerahkan 12 Armada Bus, ITS Berangkatkan 435 Mahasiswa untuk Mudik Gratis
ITS mengerahkan 12 armada terdiri 11 bus dan 1 minibus dalam rangka mudik gratis mahasiswa ke 11 rute di 38 kabupaten dan kota. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Mudik Lebaran menjadi momen paling membahagiakan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, tak terkecuali bagi sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Lebaran tahun ini, ITS kembali memfasilitasi mahasiswa pulang kampung dalam gelaran Mudik Gratis ITS 2024, Kamis (4/4/2024). Sebanyak 12 armada, terdiri 11 bus dan 1 minibus diberangkatkan membawa mahasiswa ke 11 rute di 38 kabupaten dan kota

Koordinator Mudik Gratis ITS 2024 Imam Safawi Ahmad SSi MSi menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS dalam rangka memudahkan mahasiswanya untuk mendapatkan akomodasi perjalanan balik ke kampung halaman.

“Alhamdulillah sejak tahun 2010 kegiatan ini telah dilakukan, peserta hari ini jadi yang terbanyak seusai pandemi,” jelas dosen Aktuaria ITS ini.

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Jawa Timur dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) ITS, mudik bareng kali ini memberangkatkan 435 pemudik yang merupakan mahasiswa ITS dari berbagai departemen.



Kepala Seksi Karakter Direktorat Kemahasiswaan ITS ini menyebutkan, rute-rute tersebut terbagi dalam area Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di wilayah Jawa Timur sendiri di antaranya adalah rute Jember-Lumajang, Banyuwangi, Pasuruan-Probolinggo – Situbondo-Bondowoso, Kediri-Tulungagung -Trenggalek, Malang/Batu-Blitar, Nganjuk-Madiun-Ponorogo-Pacitan, Gresik-Lamongan-Tuban, dan Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep.

Sedangkan, di wilayah Jawa Tengah terbagi menjadi tiga rute yakni, Sragen-Salatiga-Semarang, Klaten-Purworejo-Sukoharjo-Surakarta- Yogyakarta, dan Demak-Jepara-Kudus -Pati-Rembang. “Di tahun ini, kami telah menambah rute baru di wilayah Jawa Tengah mengingat permintaan yang sangat banyak dari mahasiswa,” imbuhnya.

Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, Wakil Rektor II ITS Ir Mas Agus Mardiyanto ME PhD, Ketua Ikoma ITS Dr Ir Wahid Wahyudi MT, dan Direktur Kemahasiswaaan ITS Dr Imam Abadi ST MT turut hadir dalam rangka pemberangkatan secara simbolik peserta Mudik Gratis ITS 2024 ini.

Isa menegaskan, lewat acara ini menunjukkan komitmen ITS terhadap mahasiswa. Diirnya juga berharap agar seluruh pemudik dapat sampai di tujuan dengan selamat. “Tak lupa, kami titip salam kepada orang tua dan jangan lupa untuk terus berikan kesan terbaik ITS bagi sekitar,” pungkasnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)