alexametrics

Panasonic Kembangkan Teknologi Artifisial Rumah Pintar

loading...
Panasonic Kembangkan Teknologi Artifisial Rumah Pintar
Panasonic Kembangkan Teknologi Artifisial Rumah Pintar
A+ A-
PERKEMBANGAN gaya hidup yang cukup pesat membawa perubahan yang cukup besar bagi sektor perumahan. Melihat pentingnya pembaruan gaya hidup masyarakat pada sektor perumahan dalam menyesuaikan perubahan yang terjadi saat ini, Panasonic Home Co Ltd mengembangkan teknologi platform Home X yang dapat mengintegrasikan dan menyesuaikan seluruh kegiatan di rumah dalam sebuah panel yang dilengkapi teknologi internet of things (IoT).

Presiden Direktur Panasonic Corporation Kazuhiro Tsuga menilai pembaruan gaya hidup untuk memberikan pengalaman hidup lebih baik bagi masyarakat di seluruh dunia kini menjadi hal yang penting.

Wataru Baba, Director Business Innovation Division Panasonic Corporation, mengatakan, Panasonic berupaya mengembangkan teknologi untuk menghadirkan pengalaman di rumah yang luar biasa setiap harinya dengan menghadirkan solusi Home X.

“Saat ini banyak sekali pembaruan yang terjadi di sekitar kita, seperti ponsel dan sektor automotif. Terinspirasi untuk memberikan pembaruan di sektor perumahan, Panasonic mengembangkan solusi Home X, sebuah platform yang mampu membantu seluruh kebutuhan pemiliknya hanya dengan sekali sentuhan,” katanya.

Melalui teknologi IoT, seluruh peralatan rumah tangga akan diintegrasikan ke sebuah panel untuk mempermudah penghuni melakukan kegiatannya di rumah. Melalui platform Home X yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, Panasonic juga berupaya mengembangkan kecerdasan buatan dan pengaplikasian kecerdasan untuk memperbarui gaya hidup masyarakat secara lebih mudah dan menarik karena dapat menghadirkan pengalaman baru setiap harinya.

Home X menerapkan konsep AI (artifical intelligent ) pada panel untuk memberikan kemudahan dan IA (intelligence amplification ) untuk memberikan lebih banyak informasi kepada penghuni. Dengan platform Home X, penghuni dapat menyesuaikan apa yang ingin dilakukan saat bangun pada pagi hari secara otomatis, seperti membuka tirai, menyalakan atau mematikan lampu, bahkan mencuci pakaian.

Bekerja sama dengan Shiftall Inc, Home X mampu menginformasikan berbagai hal, seperti kondisi cuaca, rekomendasi menu makanan, hingga mengirimkan pesan untuk seluruh penghuni. “Semua teknologi bisa didapatkan melalui panel yang disebarkan di berbagai sudut rumah,” ujar Wataru Baba.

Saat ini solusi Home X dari Panasonic sudah diaplikasikan dalam Perumahan Casart Urban dari pengembang Panasonic Home Co Ltd yang baru diluncurkan di Jepang pada 2 November. Mengenai pengaplikasian solusi Home X untuk pasar Asia Pasifik, khususnya Indonesia, Wataru Baba mengatakan, pihaknya masih menunggu adanya pengembang lokal yang mau bekerja sama dalam pengaplikasian teknologi Home X di Indonesia.

Selain memamerkan serangkaian visi dalam rangka menghadirkan solusi untuk perubahan 100 tahun yang akan datang melalui kegiatan Cross-value Innovation Forum 2018, Panasonic juga menghadirkan berbagai inspirasi untuk menunjang gaya hidup masyarakat di berbagai bidang, salah satunya dalam sektor perumahan.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak