Transaksi Belanja Online 11.11 Meroket Tajam Dibanding Tahun Lalu

Rabu, 14 November 2018 - 23:02 WIB
Transaksi Belanja Online 11.11 Meroket Tajam Dibanding Tahun Lalu
Transaksi Belanja Online 11.11 Meroket Tajam Dibanding Tahun Lalu
A A A
JAKARTA - Beberapa hari yang lalu serentang seluruh dunia merayakan festival belanja 11.11 atau yang lebih dikenal dnegan single's day. Di Indonesia sendiri dilaporkan nilai transaksi beberapa e-commerce pada festival belanja ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding thaun lalu.

Menurut data ShopBack, tercatat terjadi peningkatan hingga 5 kali lipat dari segi penjualan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia menyatakan hasil positif pada festival belanja online 11 November lalu bisa dijadikan acuan bagi para pelaku e-commerce di Indonesia di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mendatang.

“11 November lalu merupakan ajang pemanasan para e-commerce sebelum puncak pesta belanja online terbesar di Indonesia, Harbolnas, yang berlangsung pada 12 Desember mendatang. Peningkatan nilai penjualan ini pun menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia akan pesta belanja online semakin besar," kata Indra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja per pelanggan pada 11 November lalu senilai Rp 840.177 atau naik sekitar 63 persen dibanding tahun lalu.

Masih dari data yang sama, menunjukan tiga platform e-commerce yang menduduki kategori populer selama festival belanja online ini.

Sedangkan waktu yang sering digunakan pengguna untuk berbelanja adalah pukul 9-11 pagi dan 11-12 malam. Sementara itu, kategori produk yang paling banyak dicari pada festival belanja 11.11 yaitu fesyen, travel, kecantikan dan kesehatan, peralatan rumah tangga dan juga groceries.

Ajang 11.11 ini merupakan Global Shopping Festival yang pertama kali dicetuskan tahun 2009 oleh Daniel Zhang, yang saat ini menjabat sebagai CEO Alibaba sebagai ajang promosi platform e-commerce baru mereka. Alibaba mencatatkan penjualan di platformnya sebesar 7,8 juta dollar AS pada edisi pertama Singles Day.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1752 seconds (0.1#10.140)