Iran Peringatkan AS: Jangan Jatuh ke dalam Perangkap Israel

Sabtu, 06 April 2024 - 06:42 WIB
loading...
Iran Peringatkan AS: Jangan Jatuh ke dalam Perangkap Israel
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei melihat peti mati anggota Korps Garda Revolusi Islam yang tewas dalam serangan udara Israel di kompleks kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, saat upacara pemakaman di Teheran, Iran, 4 April 2024. Foto/
A A A
TEHERAN - Iran memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk “menjauhi” potensi bentrokan antara Teheran dan Israel.

Adapun Washington telah memperingatkan Teheran agar tidak menargetkan fasilitas Amerika, menurut asisten Presiden Iran Mohammad Jamshidi pada Jumat (5/4/2024).

“Dalam pesan tertulis, Republik Islam Iran memperingatkan para pemimpin AS agar tidak terseret ke dalam perangkap (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu untuk AS: Menjauhlah agar Anda tidak terluka,” tulis Jamshidi di X.

“Sebagai tanggapan, AS meminta Iran untuk tidak menargetkan fasilitas Amerika,” papar dia.

Iran menuduh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melakukan serangan udara terhadap konsulatnya di ibu kota Suriah, Damaskus pada hari Senin, menewaskan tujuh perwira Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), termasuk dua jenderal.

Sementara IDF mengikuti kebijakannya yang biasa dengan tidak membenarkan atau menyangkal operasi di luar negeri, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menyimpulkan tanggung jawabnya ketika dia mengatakan pada Rabu bahwa Israel “menyerang musuh-musuh kita di seluruh Timur Tengah.”

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah berjanji membalas, dengan menyatakan pada Rabu bahwa Israel “tentu saja akan menerima tamparan di wajah atas tindakan ini.”



IDF menanggapinya dengan membatalkan semua cuti dan mengacak sinyal satelit di Tel Aviv untuk mengantisipasi serangan sebagai tanggapan.

Para pejabat AS belum mengatakan apakah serangan Iran terhadap Israel akan menjadi dasar intervensi militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0812 seconds (0.1#10.140)