alexametrics

Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan

loading...
Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan
Menkominfo Rudiantara saat melihat bagaimana beragam smartphone karya anak bangsa, Advan, diproduksi di Semarang. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Pabrikan smartphone dunia berlomba-lomba menghasilkan ponsel dengan fitur segudang, RAM berlimpah, dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) terdepan. Pertanyaannya, ponsel mana yang sebenarnya cocok dan benar-benar Anda butuhkan?

Terkait smartphone apa yang ideal, Muhammad Ilham Pratama, Manager Public Relations Advan memberikan resep jitunya yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih perangkat.

“Kebutuhan setiap individu akan berbeda-beda dalam pemanfaatan perangkat mobile, baik smartphone atau tablet. Mulai dari bentang layar, spesifikasi, fitur, performa dan hal lainnya,” kata Ilham kepada SINDOnews, Senin (19/11/2018).
Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan

Lebih lanjut dikatakan, belakangan sejumlah vendor menghadirkan produk beragam yang diklaim sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mulai dari ukuran layar 4 inci hingga 7 inci. Begitu juga dengan RAM, mulai 1 GB hingga 6 GB dengan pilihan ROM (ruang penyimpanan internal) 8 GB hingga lebih dari 128 GB.



“Itu semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan pemakaian. Jika pemakaian standar, cukup produk dengan spesifikasi standar pula. Namun jika digunakan untuk lebih besar, harus dengan RAM dan ROM besar,” saran Ilham.
Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan

Di luar spesifikasi itu, ponsel yang dipilih juga wajib memberikan jaminan keamanan yang tangguh. Karena smartphone atau tablet kini bertransformsi menjadi brangkas pribadi atau brangkas berjalan bagi si empunya. “Beragam data penting, bahkan data perbankan ada di smartphone. Misal aplikasi mobile banking, foto, video, dokumen, dan lainnya,” sebutnya.

Contohnya Advan yang diklaim mengerti akan hal yang dibutuhkan konsumen terkait keamanan perangkat mobile-nya. “Ada tiga lapis keamanan yang diberikan oleh Advan Secure di setiap lini produknya. Pre Usage, yaitu Fingerprint membuat pengguna mempunyai akses cepat, keamanan maksimal. Fingerprint mempunyai daya respons 0,3 detik, lebih aman dan cepat. Ada juga Face ID yang dapat digunakan untuk membuka smartphone dengan sistem pengenalan wajah,” tutur Ilham.

“On Usage, yakni Privacy System atau bilik rahasia untuk menyembunyikan data/foto/video/file/kontak/log panggilan. Bilik rahasia ini dapat diakses melalui dialer plate dengan kode yang hanya diketahui oleh pemilik handset,” katanya.
Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan

Untuk After Usage, dia menjelaskan, teknologi Anti Theft yang dikembangkan secara mandiri oleh Advan sanggup menggaransi ponsel hilang dicuri tangan jahil. “Kami punya fitur Tracking yang memiliki kemampuan untuk bisa melacak ketika smartphone hilang ataupun jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab,” klaimnya.

Ada juga Manual Shoot, yakni teknologi untuk mengambil foto orang yang mencuri smartphone.Handphone kami juga memiliki fitur Lock Mobile Phone, di mana ponsel mengunci sehingga tidak bisa dibuka oleh siapapun,” tuturnya.

Ilham menambahkan, jika ponsel hilang dan pengguna khawatir data yang ada di ponsel disalahgunakan, maka bisa menggunakan kemampuan Destroy Data atau menghapus data yang ada di smartphone.

“Masih di inovasi Anti Thef, Advan membawa Alarm Finder yang akan membunyikan perangkat untuk menemukan lokasi terselip atau untuk membuat panik si pencuri,” tambahnya.
Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan

Sedangkan fitur Send Message akan mengirimkan pesan kepada yang menemukan/mengambil smartphone. Cara menggunakannya juga sangat mudah. “Cara mengaktifkannya, buka aplikasi anti theft/anti pencurian (biasanya ada di folder aplikasi Sytem Apps). Lalu set email untuk mengakses layanan cloud. Aktifkan basic setting yang ada sampai level security berubah dari Low ke Medium. Untuk mencoba layanan ini browse secure.advandigital.com dan masuk menggunakan alamat email yang sudah didaftarkan pada tahap kedua di atas. Tinggal pilih layanan yang mau dicoba,” bebernya

Masih terkait resep membeli ponsel, Ilham mengutarakan, kita harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Yang menjadi catatan penting, belum tentu produk dengan harga mahal memiliki fitur dan spesifikasi yang dibutuhkan atau mumpuni. “Untuk mencari sebuah produk, harus jeli terlebih dahulu mengetahui budget yang dimiliki, dan produk yang dibutuhkan,” ujarnya.
Bingung Pilih Smartphone Idaman? Coba Simak Resep Jitu ala Advan

Dia mencontohkan, jika kebutuhannya hanya sebagai alat komunikasi dan multimedia seperti streaming video, musik, dan sosial media, dapat menggunakan produk Advan s50 4G. Produk yang menjalankan sistem operasi Android GO tersebut memiliki RAM 1 GB dan ROM 8 GB.

“Dibanderol Rp777.000 kemudian bundling IM3 Ooredoo, konsumen akan mendapatkan unlimited bebas streaming YouTube, musik Spotify, iFlix VIP, sosial media 24 jam setahun, dan bonus 12 GB setahun tanpa potong pulsa,” katanya menawarkan.

Dia juga mengingatkan konsumen untuk memerhatikan layanan purnajual dari smartphone yang akan dibeli. Pihaknya berkomitmen selalu memberikan pelayanan prima bagi konsumennya. Mulai dari produk berkualitas dan bergaransi, hingga pelayanan purnajual. “Hingga kini ada 63 titik vancare service center yang tersebar mulai dari Aceh hingga Papua,” pungkasnya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak