9 Cara Mencegah Kantuk saat Perjalanan Mudik, Bukan Minum Kopi

Senin, 08 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
9 Cara Mencegah Kantuk saat Perjalanan Mudik, Bukan Minum Kopi
Ada beberapa cara mencegah kantuk saat perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. Banyak orang mengandalkan kopi agar tetap terjaga dan berstamina. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara mencegah kantuk saat perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. Banyak orang mengandalkan kopi agar tetap terjaga dan berstamina selama mengemudi perjalanan panjang.

Namun sayang, kopi bukan cara mencegah kantuk saat perjalanan mudik Lebaran yang baik. Meskipun kafein, dan minuman berenergi, dapat memberikan energi, tapi tidak dapat diandalkan dan tidak bekerja untuk jangka waktu yang lama.

Solusi terbaik untuk mencegah kantuk saat perjalanan mudik lebaran adalah dengan tidak lelah sejak awal. Di sisi lain, penting untuk diketahui bahwa mengemudi saat mengantuk bisa sama berbahayanya dengan mengemudi saat mabuk atau di bawah pengaruh obat-obatan.

Cara Mencegah Kantuk saat Perjalanan Mudik



Berikut cara mencegah kantuk saat perjalanan mudik lebaran dilansir dari Health Line, Senin (8/4/2024).



1. Istirahat Cukup sebelum Perjalanan

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan mudik. Kurangnya tidur bisa membuat Anda lebih rentan mengantuk di jalan.

2. Selingi Perjalanan dengan Istirahat


Berhenti dan istirahatlah secara teratur selama perjalanan, terutama jika Anda merasa mengantuk. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar atau meregangkan otot untuk menyegarkan tubuh.

3. Konsumsi Makanan Ringan dan Sehat


Hindari makanan berat dan berlemak yang bisa membuat Anda merasa mengantuk. Sebaliknya, konsumsilah makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau makanan tinggi protein untuk menjaga energi Anda tetap stabil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2916 seconds (0.1#10.140)