Memahami Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Fakta Menarik dan Penyebabnya

Senin, 08 April 2024 - 12:55 WIB
loading...
Memahami Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Fakta Menarik dan Penyebabnya
Gerhana matahari total menjadi fenomena yang sangat menarik untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Gerhana matahari total bakal terjadi Senin, 8 April, di sejumlah wilayah di Amerika, Kanada, dan Meksiko.

Ini akan jadi gerhana matahari total pertama di AS sejak Agustus 2017. Para ahli menyebut peristiwa hari ini lebih unik dibandingkan yang terakhir.
Berikut penjelasan tentang gerhana matahari total dan mengapa fenomena ini terjadi:

Apa itu gerhana matahari?
Memahami Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Fakta Menarik dan Penyebabnya

Gerhana terjadi karena adanya penyelarasan di luar angkasa antara matahari, bulan, dan Bumi. Koreografi ini menghasilkan satu benda langit mengaburkan yang lain.

Tergantung posisi bulan (di sisi Bumi terdekat atau terjauh dari matahari), bulan bisa melemparkan bayangannya ke Bumi atau sebaliknya.

Selama gerhana bulan, ketiganya sejajar dengan Bumi di tengah-tengah. Terkadang terlihat bayangan Bumi, disinari oleh sinar matahari, bergerak melintasi permukaan bulan.

Kesejajaran ini berubah selama gerhana matahari. Bulan, saat mengorbit Bumi, melintas di antara planet dan matahari sedemikian rupa. Sehingga tampak melintas tepat di depan matahari, menghalangi cahayanya untuk sementara.

Dengan matahari di belakangnya, bayangan bulan dilemparkan ke Bumi. Orang-orang dalam jalur bayangan tersebut akan melihat siang berubah menjadi senja saat bulan melintas.

Mengapa Gerhana Matahari Total Terjadi?
Memahami Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Fakta Menarik dan Penyebabnya

Karena Bumi terus mengorbit matahari, dan bulan terus-menerus mengorbit Bumi. Biasanya gerhana terjadi empat hingga tujuh kali setiap tahun. Namun, gerhana total lebih jarang.

Penyebabnya adalah terkait jarak Bumi ke bulan, orbit Bumi, dan posisi matahari di langit. Ketika semuanya sejajar dengan tepat, baru terjadi gerhana matahari total.

Gerhana matahari total juga terlihat istimewa dari Bumi berkat kebetulan kosmik. Diameter matahari kira-kira 400 kali lebih besar dari bulan, dan posisinya di luar angkasa kira-kira 400 kali lebih jauh dari bulan ke Bumi. Dari sudut pandang planet ini, proporsi ini membuat bulan dan matahari terlihat hampir sama ukurannya, sehingga gerhana matahari bisa berlangsung dramatis, karena bulan dapat memblokir seluruh atau sebagian besar cahaya bintang.

Apa yang terjadi selama gerhana matahari?
Memahami Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Fakta Menarik dan Penyebabnya

Saat bulan baru meluncur tepat di antara Bumi dan matahari, sinar matahari yang ada di belakangnya memproyeksikan bayangan ke sebagian planet.
Jalur alami orbit bulan menghasilkan jalur bayangan di Bumi, disebut jalur totalitas. Di dalamnya, orang akan mengalami gerhana matahari total.

Bulan yang lebih dekat ke Bumi daripada selama gerhana matahari total pada 2017 membuat jalur totalitas yang lebih luas. Ini kesempatan langka bagi masyarakat untuk menyaksikan gerhana matahari total, mungkin untuk pertama kalinya.

Gerhana matahari total ini akan terlihat dari pantai Pasifik di Meksiko tengah ke Amerika wilayah barat daya, Midwest, Timur Laut, dan New England sebelum berakhir di timur jauh Kanada. Jutaan orang berbondong-bondong ke tempat-tempat dalam jalur totalitas.

Saat gerhana berlangsung, cahaya siang memudar menyerupai senja atau fajar. Penonton harus memakai kacamata pelindung khusus. Jika cuaca memungkinkan, kita mungkin melihat kilatan dari atmosfer terluar matahari (korona) atau semburan matahari.

Apa Perbedaan Penyebab Gerhana Matahari Sebagian?

Orang-orang di luar jalur totalitas akan menyaksikan gerhana matahari sebagian, yang terjadi ketika bulan lewat di antara matahari dan planet tanpa mencapai kesejajaran yang sempurna.


Berbagai Jenis Gerhana

Selain total dan parsial, ada gerhana cincin, di mana bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi dalam orbitnya. Jarak ekstra ini membuat bulan tampak lebih kecil ketika menutupi matahari saat gerhana, seperti titik hitam yang dikelilingi olehcincinapi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)