'Si Buas' BMW M2 Competition Dilengkapi Mesin Baru 410 HP

Senin, 26 November 2018 - 07:22 WIB
Si Buas BMW M2 Competition Dilengkapi Mesin Baru 410 HP
'Si Buas' BMW M2 Competition Dilengkapi Mesin Baru 410 HP
A A A
JAKARTA - BMW Group Indonesia pada Januari mendatang akan membawa BMW M2 Competition ke Tanah Air. Kendaraan mewah nan bertenaga itu diklaim bakal menetapkan standar baru mobil sports kompak di Indonesia.

Sehubungan mobil barunya, BMW Group Indonesia menegaskan, BMW M2 Competition memiliki mesin bi-turbo enam silinder in-line dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo. Sehingga mampu menghasilkan tenaga 410 HP di antara 5.250 dan 7.000 rpm dengan torsi puncak 550 Nm di antara 2.350 dan 5.200 rpm.

Mesin ini mampu mengakomodasi putaran mesin tinggi dan mengisi setiap rentang RPM dengan menyeimbangkan tenaga dari dua Turbocharged. Sistem dual exhaust dengan flap yang dikendalikan secara elektrik juga menciptakan suara mesin khas BMW M, di saat yang sama mesin BMW M TwinPower Turbo tetap menimbulkan efisiensi yang luar biasa.

“Desain double-twintail pipe menggunakan finishing baru pada keempat ujungnya, dengan finishing krom hitam, menonjolkan ciri maskulin dari lini BMW M,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia saat mengenakan All-new BMW M2 Competition di Jakarta, akhir pekan kemarin.
'Si Buas' BMW M2 Competition Dilengkapi Mesin Baru 410 HP

All-new BMW M2 Competition mencatat laju 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik untuk M DCT. Lalu 4,4 detik untuk manual gearbox 6-percepatan –untuk pertama kalinya kedua pilihan transmisi ini tersedia untuk pasar Indonesia.

Kecepatan puncak kendaraan ini dibatasi secara elektronik hingga 250 km/jam dengan konsumsi bahan bakar pada transmisi 6-percepatan manual gearbox adalah 10,2 km/l beremisi CO2 223g/km. Sementara untuk opsi transmisi M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan, konsumsi bahan bakar menurun menjadi 11 km/l dan emisi CO2 207g/km.

Sistem distribusi pelumas yang cerdas pada mesin kendaraan ini terinspirasi langsung dari motorsport. Sementara sistem pendinginan mesin diambil dari BMW M4 Competition Package yang telah disesuaikan. Kidney grille yang diperbesar serta bumper dengan lubang udara yang lebih besar, meningkatkan aliran udara segar adalah ciri eksterior untuk sistem pendinginan yang lebih baik.

Kidney grille ini dilapisi dengan finishing highgloss Shadow Line warna hitam sebagai standar. Hal ini juga diaplikasikan pada side gills, serta pada quartet tailpipes di double-twintail pipe. Kehadiran BMW M Competition Badge berwarna gelap di bagian belakang pertajam desain kendaraan ini. Desain double-arm wing mirrors juga makin tingkatkan aerodinamika serta merupakan karakteristik khusus BMW M2 Competition.

Para ahli BMW M mendongkrak kenikmatan berkendara dan performa dari BMW M2 Competition ke tahap yang lebih tinggi. Mereka mengadopis Strutbar CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) yang mencolok dari BMW M3/M4 unytuk turut mendominasi kompartemen mesin. Strutbar CFRP ini meningkatkan rigiditas bagian depan dan tingkat presisi lingkar kemudi.

“Karakteristik pada electromechanical power steering, Active M Differential dan sistem Dynamic Steering Control (DSC) juga telah melewati tahap fine-tuning dan disesuaikan,” cetusnya.

Fitur BMW “M” yang Menarik
'Si Buas' BMW M2 Competition Dilengkapi Mesin Baru 410 HP

Fungsi Servotronic telah terintegrasi dengan karakteristik spesifik BMW “M” guna mengatur bantuan kemudi secara elektronik, otomatis sesuai dengan kecepatan kendaraan dan diatur oleh Drivelogic –teknologi yang membuat pengemudi mampu mengatur power steering assistance kapanpun sesuai dengan pilihan pengemudi.

BMW M Sport Seat yang baru tingkatkan fungsionalitas dan estetika interior. Bentuk bucket-style seat terinspirasi dari motorsport memberikan kenyamanan maksimal bagi pengemudi, selain itu headrest telah terintegrasi dengan backrest.

Illuminated
logo BMW M2 juga terdapat pada bagian backrest. Balutan kulit Dakota hitam diperkuat dengan contrast stitching warna biru atau oranye dan desain perforated di bagian tengah dan backrest. Sabuk pengaman dengan desain BMW M, serta tombol start/stop dalam warna merah melengkapi eksklusivitas dari All-new BMW M2 Competition.

Pengalaman motorsport bertahun-tahun BMW M terlihat pada sistem BMW M Sport Brakes yang baru. Fitur itu menyediakan performa pengereman maksimal karena cakram rem yang membesar (axle depan: 400 mm diameter, axle belakang: 380 mm diameter) dan kaliper rem warna abu-abu (enam-piston di depan dan empat-piston di belakang).

Kendaraan ini dilengkapi dengan velg forged 19 inci (axle depan: 9J x 19, axle belakang: 10J x 19) Y-spoke style dan finishing bi-colour. Warna eksterior baru yang eksklusif bagi BMW M2 Competition: Hockenheim Silver dan Sunset Orange.

Dynamic Stability Control (DSC) telah sepenuhnya dikalibrasi ulang. Pada All-new BMW M2 Competition, kontrol elektronik yang lebih presisi memastikan traksi yang lebih baik dan memudahkan pengendalian di jalanan basah dan licin, sekaligus memungkinkan traksi yang dibutuhkan tidak menganggu saat pengemudi melakukan drift. Hal ini ditunjang oleh Active M Diifferential, sebuah multi-plate limited-slip differential yang mengoptimalkan traksi dan memaksimalkan stabilitas tingkat presisi pengemudian dan penyaluran tenaga.

Tingkat penguncian bervariasi antara 0-100% sesuai dengan situasi berkendara serta merespon sudut kemudi, posisi akselerator, tekanan pada rem, torsi mesin, kecepatan pada roda dan kemiringan kendaraan. Unit kontrol menggunakan analisis ini sehingga kendaraan dapat mendeteksi kurangnya traksi pada salah satu sisi kendaraan dan dapat perhitungkan tingkat penguncian yang dibutuhkan, melalui kontrol motor elektrik.

Tingkat kekuatan penguncian maksimal adalah 2.500 Nm dalam 150 milidetik. Sistem ini mencegah roda berputar di kondisi ekstrim seperti permukaan jalan yang licin atau ketika dua roda belakang alami perbedaan signifikan pada koesifien fraksi.

All-new BMW M2 Competition akan tersedia di semua dealer resmi BMW M mulai Januari 2019. Setiap pembelian kendaraan termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana yang lebih dulu, dan mencakup garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2385 seconds (0.1#10.140)