Ramalan Mengerikan Prabu Jayabaya Bait 18 Cerminkan Pemimpin Indonesia, Begini Isinya

Jum'at, 12 April 2024 - 06:02 WIB
loading...
Ramalan Mengerikan Prabu Jayabaya Bait 18 Cerminkan Pemimpin Indonesia, Begini Isinya
Ramalan Prabu Jayabaya tentang kondisi Indonesia kali ini. Foto/Istimewa
A A A
Prabu Jayabaya Raja Kediri konon kerap meramalkan beberapa peristiwa jauh sebelum masanya. Salah satu ramalan Prabu Jayabaya adalah tentang satrio piningit dan pemimpin Nusantara, yang disegani.

Pada Kitab Musasar Jayabaya disebutkan bahwa, di bait 18 disebutkan sempat meramalkan para pemimpin cerdas yang dimiliki Indonesia. Adapun bait 18 berbunyi:

Dene jejuluke nata,
Lung gadung rara nglingkasi,
Nuli salin gajah meta,
Semune tengu lelaki,
Sewidak warsa nuli,
Ana dhawuhing bebendu,
Kelem negaranira,
Kuwur tataning negari,
Duk semana pametune wong ing ndesa.

Artinya, "Nama rajanya Lung Gadung Rara Nglikasi, kemudian berganti Gajah Meta Semune Tengu Lelaki. Enam puluh tahun menerima kutukan, sehingga tenggelam negaranya dan hukum tidak karu-karuan. Waktu itu pajaknya rakyat adalah...."

Lung Gadung Rara Nglikasi memiliki makna pemimpin yang pernah penuh inisiatif (cerdas) namun memiliki kelemahan sering tergoda wanita. Pertanda ini menunjuk pada presiden pertama RI, Soekarno.



Hal itu sebagaimana tercantum dalam buku "Misteri Ramalan Jayabaya : Siapa Pemimpin Selanjutnya di Negeri Ini". Sedangkan, Gajah Meta Semune Tengu Lelaki bermakna pemimpin yang kuat, karena disegani atau ditakuti, namun akhirnya terhina atau nista.

Pertanda ini menunjuk pada presiden kedua RI, Soeharto. Dalam bait ini juga dikatakan bahwa selama ini negara menerima kutukan, sehingga tidak ada kepastian hukum.

Kemudian Jayabaya konon juga meramalkan adanya perseteruan antara kedua pemimpin besar di Indonesia, layaknya perseteruan trah Pajang yang disimbolkan sebagai Jaka Tingkir, dan trah Mataram Pakubuwana.

Hal ini termaktum dalam bait 20 yang berbunyi:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)