Jepang Siap Daratkan Pesawat Ruang Angkasa Pribadi Hakuto-R di Bulan

Senin, 17 Agustus 2020 - 18:00 WIB
loading...
Jepang Siap Daratkan Pesawat Ruang Angkasa Pribadi Hakuto-R di Bulan
Perusahaan Jepang ispace bertujuan untuk meluncurkan pendarat bulan Hakuto-R pribadi pada tahun 2022 dengan roket SpaceX Falcon 9. Foto/ispace
A A A
TOKYO - Perusahaan Jepang berharap bisa mendaratkan orang di bulan suatu hari nanti setelah meluncurkan desain akhir dari pendarat bulan robotik pertamanya yang akan diluncurkan pada 2020 dengan roket SpaceX. (Baca juga: Tahun 2021 Indonesia Punya Observatorium Terbesar di Asia Tenggara )

Ispace yang berbasis di Tokyo mengungkap desain pendarat Hakuto-Reboot (Hakuto-R) pada 30 Juli. Dalam pernyataan resminya dikatakan, misi tersebut sekarang dijadwalkan untuk mendarat di bulan pada tahun 2022. Itu setahun lebih lambat dari target sebelumnya yakni pada 2021.

"Masalah teknis" yang tidak disebutkan menghambat konstruksi dalam beberapa bulan terakhir, kata ispace. Meskipun pendarat tersebut lulus tinjauan desain kritis yang memungkinkan perangkat keras diselesaikan untuk pembangunan konstruksi.

"Target tanggal peluncuran baru dipilih untuk memastikan keandalan yang lebih tinggi bagi pelanggan Hakuto-R dan keberhasilan misi secara keseluruhan. Pendarat tersebut masih direncanakan untuk diluncurkan dengan roket Falcon 9 SpaceX," kata ispace dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Space.com.

Sebelumnya, perusahaan telah menunjukkan minat untuk bersaing untuk program Layanan Muatan Bulan Komersial (CLPS) NASA, yang bertujuan menempatkan pendarat pribadi di bulan untuk mendukung misi manusia. NASA membuat pengumuman misi CLPS terbarunya pada bulan Januari lalu.

Dalam pernyataan baru mereka, perwakilan ispace tidak memberikan informasi terbaru tentang CLPS tetapi menambahkan bahwa pendaratan pertama di bulan Hakuto-R akan menjadi bagian dari "program eksplorasi bulan komersial multinasional". Perusahaan ini adalah bagian dari tim yang dipimpin oleh Draper Laboratory nirlaba yang berharap menempatkan Artemis-7 di bulan. Namun Draper belum menerima penghargaan kontrak CLPS.

"Hakuto" -yang berarti "Kelinci Putih" dalam bahasa Jepang- adalah nama tim yang dikelola ispace untuk Google Lunar X-Prize (GLXP). GLXP menawarkan USD20 juta kepada grup pribadi pertama yang menempatkan pendarat di bulan dan melakukan beberapa tugas di permukaan bulan. Kontes berakhir pada 2018 tanpa pemenang, tapi beberapa perusahaan yang bersaing terus mengerjakan desain mereka.

Lander seukuran mobil dari ispace akan memiliki massa sekitar 750 lbs atau 340 kilogram. Ini akan menjadi sedikit lebih kompak, dengan pusat gravitasi yang lebih rendah, daripada rencana desain awal yang diminta, kata perusahaan.

Tangki bahan bakar Hakuto-R juga berkurang ukurannya. Sebab ruang angkasa memutuskan untuk menempuh jalur panjang selama tiga bulan ke bulan yang akan menggunakan lebih sedikit propelan. Sebagai perbandingan, misi bulan Apollo NASA pada 1960-an dan 1970-an hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk mencapai tetangga terdekat Bumi itu. Kapasitas muatan Hakuto-R adalah 66 lbs atau 30 kg dan ini tidak berubah.

Pada Agustus 2019, ispace berjanji untuk menempatkan penjelajah di bulan pada 2023, dua tahun setelah pendarat awal seharusnya dikerahkan. Pernyataan perusahaan baru tersebut mempertahankan tanggal pendaratan 2023 untuk misi keduanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)