Monitor 5K Masuk ke Indonesia, Ini Kemampuan Display Seharga Rp25 Juta

Rabu, 05 Desember 2018 - 04:25 WIB
Monitor 5K Masuk ke Indonesia, Ini Kemampuan Display Seharga Rp25 Juta
Monitor 5K Masuk ke Indonesia, Ini Kemampuan Display Seharga Rp25 Juta
A A A
JAKARTA - LG Electronics Indonesia (LG) resmi membawa dua monitor berteknologi 5K ke market Tanah Air. Mengusung teknologi terbaru dalam tampilan, LG dipercaya telah memulai era baru monitor resolusi tinggi di Indonesia.

Monitor 5K yang dibawa ke pengguna di Indonesia adalah seri LG 27MD5KA dengan dimensi 27 inci dan 34 inchi di seri LG 34WK95U. "Masing-masing ditarget dapat terjual 50 dan 30 unit per bulan," ucap Wilson, Product Marketing Monitor LG Electronics Indonesia saat mempresentasikan dua produk monitor 5K-nya, yaitu seri LG 27MD5KA dan LG 34WK95, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Menyasar pengguna premium, dua monitor ini memiliki banyak keunggulan dibanding kompetitor. Pada tipe 27MD5KA, UltraFine Display, bisa dikatakan kehadirahnya menjadi kabar gembira bagi para profesional di bidang kerja kreatif yang juga pengguna New MacBook Pro. "Ini juga yang membuat LG melengkapi monitor 5K terbarunya ini dengan konektor Thunderbolt 3," ujar Wilson.

Selain transmisi data besar dalam kecepatan tinggi yang mencapai 40Gb/s (detik), keterhubungan ini sekaligus membuat monitor tersebut dapat melakukan pengisian daya hingga mencapai 85W pada unit New MacBook Pro. “Ketersediaan satu sambungan untuk menangani seluruh urusan inilah yang menjadikan monitor LG 27MD5KA sebagai kawan sepadan pengguna New MacBook Pro untuk meningkatkan produktivitas kerjanya,” timpal Susanto, IT Sales & Marketing Head LG Electronics Indonesia.
Monitor 5K Masuk ke Indonesia, Ini Kemampuan Display Seharga Rp25 Juta

Dijelaskannya, dukungan peningkatan produktivitas hadir melalui kemudahan kontrol monitor yang dapat dilakukan langsung dari New MacBook Pro. Tanpa harus menekan beberapa tombol fisik yang biasa tersedia di monitor, berbagai penyesuaian layar seperti tingkat kecerahan dan lainnya, dapat dilakukan melalui tampilan Display Control pada New MacBook Pro.

Upaya LG menghadirkan monitor 5K seri LG 27MD5KA sebagai solusi pendukung visual andal bagi kerja kreatif profesional dapat dilihat dari kekayaan teknologi yang tersemat dalam layarnya. Pada layar berbentang 27 inci, monitor ini menampung resolusi 5.120 x 2.880 piksel.

Kemampuannya menghasilkan deret warna luas pun tak perlu diragukan. Karena perangkat mengantongi angka DCI-P3 99%. Nilai rujukan yang dicetuskan Digital Cinema Initiatives (DCI), gabungan berbagai perusahaan utama dalam industri konten gambar bergerak (motion picture), ini menunjukkan tinggi rendahnya spektrum warna yang mampu dihasilkan dari sebuah media penampil.

"Digdayanya visual LG 27MD5KA tak cuma bicara tentang kekayaan warna yang dihasilkannya. Memastikan tiap warna tampil halus, LG pun memberikan kerapatan piksel mencapai 218ppi (pixel per inci)," tambahnya.

Melengkapi penggunaan panel IPS dalam memberikan dukungan peningkatan produktivitas, pabrikan asal Korea itu memberikan monitor 5K terbarunya dengan tingkat pencahayaan hingga 500 nits. Tingginya tingkat pencahayaan guna memastikan konten tertayang pada monitor tetap tampil cemerlang, meskipun di bawah kondisi pencahayaan ruang yang terang.
Monitor 5K Masuk ke Indonesia, Ini Kemampuan Display Seharga Rp25 Juta

Walaupun dirancang benar untuk peningkatan produktivitas kerja penggunanya, tak lantas membuat monitor ini hilang pesona untuk urusan hiburan. Kelengkapan webcam dan voice speaker yang responsif misalnya, memberi peluang bagi penggunanya untuk terhubung dalam fasilitas komunikasi via video maupun permainan game kelompok."Menambah unsur kesenangannya, unit speaker dengan kedalaman bunyi dan bass yang kaya menjadi bagian kesatuan dalam monitor ini," sebut Susanto.

Sedangkan 34WK95U, UltraWide Monitor, hadir dalam bentang layar lebih besar. Monitor itu memiliki resolusi 5.120 x 2.160.

Dikatakan Susanto, tawaran pada produktivitas lebih baik berawal dari desain layar Ultra Wide yang memanjang. Bentang ini memberi keuntungan pada terciptanya ruang 33% lebih luas dibanding monitor 16:9.

“Rancangan kemampuan bekerja dengan ragam berkas yang tertampil sekaligus pada beberapa jendela layar, memberikan produktivitas baik dalam sisi kualitas maupun kecepatan kerja penggunanya,” kata Susanto lagi.

Terkait warna, kemampuan monitor terbilang mengagumkan. Hal ini setidaknya dapat dilihat dari nilai spektrum warna sRGB 135% dan DCI-P3 yang mencapai 98%. "Nilai DCI-P3 sendiri menjadi standar spektrum warna bagi konten dalam format digital. Ditunjang terapan bingkai tipis pada empat sisinya, memberi kenyamanan pandang lebih baik bagi pengguna," sebutnya.
Monitor 5K Masuk ke Indonesia, Ini Kemampuan Display Seharga Rp25 Juta

Keistimewaan utama pada visual monitor 5K LG ini ada pada penggunaan teknologi Nano IPS di dalamnya. Berwujud susunan partikel berukuran nano yang diletakkan di depan deret lampu LED yang menjadi pencahayaan latar (backlight), teknologi tersebut bermanfaat meningkatkan akurasi warna yang sangat dibutuhkan pada pekerjaan visual dengan warna nan kaya.

Pada tampilan yang menghadirkan warna-warni bergradasi misalnya, distorsi kerap terjadi pada tepian batas antarwarna yang kerap membuat warna tak terekspresikan dengan baik. Nah kerja teknologi Nano IPS menyerap gelombang cahaya berlebih di antara warna itu untuk memastikan tiap warna tampil akurat sesuai visi sebenarnya dari kreator konten.

Usaha LG meneguhkan 34WK95U menjadi solusi alat pendukung visual bagi kerja kreatif profesional terlihat pada kelengkapan kemampuan menangani konten High Dynamic Range (HDR) dengan keberadaan dukungan VESA DisplayHDR 600. Berawal dari teknologi pada kamera, format HDR membuat gambar tertampil dengan bentang pencahayaan luas yang memberikannya efek lebih dramatis.

Perhatian besar LG pada sisi visual monitor tak membuatnya lantas alpa untuk mengimbanginya dengan kesenangan mendengar. Sepasang speaker berkekuatan 5W dengan warna bass yang kaya ikut disematkan guna mendukung monitor 5K LG itu dari sisi audio.

“Menggabungkan kerja dan kesenangan dalam satu perangkat yang memiliki kelengkapan untuk menangani keduanya, menjadikan monitor ini opsi investasi terbaik bagi pemiliknya,” tandasnya.

Tentang konektivitas, dia menjamin keterhubungan baik antarperangkat dan sumber konten, karena LG melengkapinya dengan opsi yang luas. Selain Display Port, juga terdapat dua sambungan HDMI yang dapat dimanfaatkan saat pengguna bermaksud menampilkan konten dalam resolusi 4K. Terdapat pula 3 buah sambungan USB dengan 2 di antaranya merupakan USB 3.0.

Monitor ini pun dilengkapi konektor Thunderbolt 3. Hal ini membuka peluang bagi pengguna MacBook untuk meningkatkan produktivitasnya melalui transmisi data hingga 40 Gb per detik, sembari melakukan pengisian daya monitor.

“Keberadaan monitor ini sekaligus kembali membuktikan LG sebagai yang terdepan dalam mengiring perkembangan dan kebutuhan industri terkait,” ujar Susanto.

Sedangkan soal harga, masing-masing perangkat akan dilepas di kisaran harga Rp21,9 juta dan Rp25 jutaan.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1307 seconds (0.1#10.140)