Tagar K-Pop Lebih Sering Trending di Twitter Dibanding Politik

Rabu, 05 Desember 2018 - 16:39 WIB
Tagar K-Pop Lebih Sering Trending di Twitter Dibanding Politik
Tagar K-Pop Lebih Sering Trending di Twitter Dibanding Politik
A A A
JAKARTA - Twitter merangkum beberapa topik yang menjadi trending selama tahun 2018. Dari momen yang berskala global seperti Piala Dunia dan pesta olahraga Asian Games 2018 hingga peristiwa berskala nasional.

Dalam acara bertajuk #RameDiTwitter yang digelar hari ini, Twitter Indonesia memaparkan ada 10 tagar atau hastag terpopuler selama tahun 2018. Namun ada satu yang unik, dari sekian banyak topik yang trending, posisi pertama dan kedua diduduki oleh dua boyband asal Korea Selatan yaitu #BTS dan EXO.

"Kalau orang banyak menyangka kebanyakan yang dibicarakan di Twitter adalah politik, justru sebenarnya yang paling tinggi adalah hiburan. Di mana percakapan tentang K-pop paling tinggi," kata Dwi Ardiansah, Country Industry Head Twiter Indonesia & Malaysia dalam acara #RameDiTwitter di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Para ARMY (sebutan fans Bangtan Boys) seringkali meramaikan linimasa Twitter. Mereka membuat tagar yang dapat menyatukan para penggemar untuk mencari dan berbagi informasi terkini soal group K-pop kesayangannya.

Bahkan group boyband K-pop EXO memiliki emoji sendiri di Twitter, dengan kemunculan emoji itu langsug membuat beberapa tagar yang berhubungan dengan EXO menjadi trending topic. Selain itu, emoji ini juga digunakan untuk merayakan satu tahun akun resmi mereka @weareoneEXO. Tagar dengan emoji baru ini akan tersedia sampai tanggal 28 Februari 2019.

Diurutan ketiga ada tagar #AsianGames2018. Pada gelaran Asian Games 2018, Twitter juga mengeluarkan tiga emoji spesial yang bergambar logo resmi Asian Games 2018, obor, dan tiga maskon Asian Games, Bhin, Atung, dan Kaka.

Di posisi keempat ada perhelatan Piala Dunia 2018, tagar #WorldCup memenuhi linimasa Twitter. Selanjutnya memasuki tahun politik, posisi kelima dan enam di tempati tagar #2019TetapJokowi dan #2019PrabowoSandi. Tagar tersebut digunakan para pendukung untuk memberikan sokongan mereka kepada masing-masing pasangan capres dan cawapres.

Tak melulu soal politik, untuk menyambut keberkahan hari Jumat, pengguna Twitter sering menggunakan tagar #JumatBerkah untuk menebar konten-konten positif, sementara tagar #RecehkanTwitter digunakan untuk berbagi humor-humor lucu.

Di dua posisi terakhir ada tagar #PersijaDay yang selalu digunakan oleh Jakmania setiap kali @Persija_Jkt bertanding. Disusul tagar #SambutRamadhan yang dibuat untuk berbagi tips menjalani bulan Ramadan, informasi kuliner untuk buka puasa, dan membahas rencana mudik.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9819 seconds (0.1#10.140)