Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim: Persiapan Haji 2024 Lebih Siap, Tidak Banyak Masalah

Rabu, 17 April 2024 - 13:39 WIB
loading...
Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim: Persiapan Haji 2024 Lebih Siap, Tidak Banyak Masalah
Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal Ali Hasyim menilai tahap persiapan haji 2024 hingga saat ini berjalan baik, tidak banyak masalah. Foto/MCH 2024
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melanjutkan persiapan operasional haji 1445 Hijriah/2024 Masehi setelah libur Idulfitri. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal Ali Hasyim menilai tahap persiapan haji 2024 hingga saat ini berjalan baik, tidak banyak masalah.

Menurut Irjen Faisal, pihaknya terus melakukan pendampingan implementasi program dan kinerja Kemenag pada triwulan kedua 2024, salah satunya terkait persiapan keberangkatan haji.

"Penyelenggaraan haji tahun ini, dalam segi persiapan lebih siap dan relatif tidak terlalu banyak masalah," ujar Faisal saat menggelar halalbihalal dengan pegawai Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag di Jakarta, Selasa (16/4/2024), seperti dikutip dari situs resmi Kemenag.

Karenanya, kata Faisal, Itjen akan mengawal pemantauan penyelenggaraan ibadah haji dengan sebaik-baiknya. Kepada jajarannya, Faisal berpesan bahwa Itjen Kemenag harus benar-benar berperan sebagai auditor internal. Itjen Kemenag harus mampu menjalankan perannya sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan baik.



"Banyak orang menganggap internal auditor tidak ada manfaatnya, kita harus memberikan kemanfaatan. Kalau cuma nyari salah, gampang, tapi cari penyebab serta rekomendasi dan berikan solusi," tegasnya.

Faisal berharap spirit Ramadan menjadi inspirasi untuk terus melakukan kebaikan serta melahirkan perubahan dan gagasan. Dalam suasana Idulfitri, dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh keluarga besar Itjen Kemenag.

"Atas nama pribadi, keluarga, mohon maaf lahir dan batin. Banyak hal apakah dalam kebijakan, tutur kata, perilaku mohon maaf sebesar-besarnya."

Dia menambahkan, setiap kebijakan yang diambil, sama sekali tidak ada personal interest tetapi ingin mewarnai makna amanah yang diberikan kepadanya. "Semoga kita dijauhkan dari mara bahaya, dijauhkan dari fitnah, jadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, anak saleh salehah, serta bermanfaat buat keluarga, bangsa dan negara," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)