alexametrics

Pastikan Aman, Boeing Ngotot Tetap Produksi 737 MAX Series

loading...
Pastikan Aman, Boeing Ngotot Tetap Produksi 737 MAX Series
Jenis pesawat Boeing 737 MAX Series. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Kecelakaan pesawat Lion Air JT610 Oktober lalu di Indonesia, membuat Boeing selaku produsen pesawat 737 MAX pontang-panting mencari tahu apa yang terjadi dengan pesawat naas tersebut.



CEO Boeing Dennis Muilenburg, mengatakan dalam wawancara dengan CNBC, bahwa dia “sangat yakin” dengan keamanan 737 MAX. Pesawat ini adalah tipe terbaru pesawat jet penumpang yang menjadi pilihan selama puluhan tahun.

“Kami tahu pesawat-pesawat kami aman, Kami belum mengubah filosofi rancangan kami.” kata Muilenburg seperti dilansir Reuters.

Penyelidik kecelakaan mengatakan mereka memusatkan perhatian pada sistem anti-stall atau sistem yang mencegah pesawat kehilangan daya angkat. Sistem anti-stall itu diduga menyebabkan pesawat Lion Air naas itu terus menukik karena mendapat data yang salah dari sensor yang rusak di sebelah kiri. Sensor tersebut tidak diganti setelah penerbangan sebelumnya yang juga bermasalah.

Boeing mengatakan prosedur kokpit yang diterapkan pada penerbangan sebelumnya sudah ada untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi regulator penerbangan AS mengatakan Boeing juga menyelidiki kemungkinan kesalahan perangkat lunak.

Penyelidikan itu dilakukan setelah Boeing dikecam karena tidak memberitahu perubahan terbaru yang dilakukan pada sistem otomasi pada buku manual 737 MAX.

Pernyataan Muilenburg keluar bersamaan dengan pernyataan dari regulator penerbangan India yang mengatakan pilot-pilot yang menerbangkan 737 MAX harus mendapat pelatihan simulator yang meniru skenario yang diduga menjadi penyebab kecelakaan.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak