Israel Serang Iran, Pengamat Internasional: Di Ambang Perang Dunia Ketiga

Jum'at, 19 April 2024 - 11:26 WIB
loading...
Israel Serang Iran, Pengamat Internasional: Di Ambang Perang Dunia Ketiga
Pengamat Internasional yang juga Guru besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Israel mulai melancarkan serangannya ke Iran , Kamis malam atau Jumat (19/4/2024) dini hari. Bahkan, dilaporkan ada ledakan yang terdengar di sebuah bandara di Kota Isfahan, Iran.

Pengamat Internasional yang juga Guru besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana mengatakan serangan oleh Israel ke Iran ini sangat disesalkan.

"Kalau memang ini benar serangan dari Israel ke Iran, maka ini sungguh sangat disesalkan," kata Hikmahanto dalam Breaking News Inews.

Pasalnya kata Hikmahanto, negara-negara Eropa seperti Prancis, kemudian Jerman, Inggris sudah mengimbau kepada Israel agar tidak melakukan serangan balasan ke Iran. Bahkan, juga Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah mengatakan kepada Israel jika Israel akan melakukan serangan balik ke Iran, maka AS tidak berada di belakangnya.



Namun Hikmahanto mengatakan, jika AS turun maka akan diambang Perang Dunia III. "Dan kalau misalnya nanti Amerika Serikat turun, pertanyaannya adalah apakah negara lain di luar Timur Tengah juga akan turun seperti misalnya Rusia ya bahkan juga Korea Utara, karena kalau misalnya mereka semua turun ini kita ini sudah di ambang Perang Dunia III ya," tuturnya.

Lebih lanjut Hikmahanto mengatakan, Menteri Luar Negeri Inggris dan Jerman datang ke Israel meminta kembali kepada Perdana Menteri Netanyahu untuk tidak melakukan serangan.

"Meskipun dalam pernyataan Perdana Menteri Netanyahu sudah mengatakan bahwa beliau mengapresiasi saran-saran yang disampaikan tapi adalah keputusan dari Israel, rakyat Israel untuk melakukan serangan balik ke Iran atau tidak," jelasnya.

"Dan kalau benar sekarang ini terjadi, yang saya khawatirkan adalah pernyataan dari Kepala Staf Angkatan Bersenjata dari Iran, yang mengatakan bahwa serangan ke Israel pada waktu itu kan terbatas dan hanya pada saat kemarin saja dan sudah diakhiri," tambahnya.

"Tapi, beliau mengatakan bahwa Iran akan melakukan serangan yang lebih masif yang lebih besar apabila Israel melakukan serangan balik ke Iran. Dan ini sudah kalau misalnya benar, ini sudah dilakukan oleh Israel. Dan yang saya khawatirkan adalah akan terjadi serangan balik dari Iran ke Israel," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)