Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi? Waspada 6 Masalah Kesehatan Mental Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 08:30 WIB
loading...
Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi? Waspada 6 Masalah Kesehatan Mental Ini
Tidak bisa bangun pagi hari bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental yang harus diwaspadai. Pola tidur yang terganggu memperburuk kesehatan mental. Foto/Sleep Doctor
A A A
JAKARTA - Tidak bisa bangun pagi hari bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental yang harus diwaspadai. Pola tidur yang terganggu dapat memperburuk kesehatan mental dan memperparah penyakit mental yang sudah ada.

Karena gangguan tidur bisa menjadi tanda atau penyebab masalah kesehatan mental , Anda tidak boleh mengabaikan ketidakmampuan untuk bangun pagi hari. Jika Anda kesulitan untuk bangun di pagi hari, penting untuk menyingkirkan kondisi medis seperti sleep apnea, narkolepsi, dan sindrom kelelahan kronis.

Jika Anda telah didiagnosis menderita salah satu kondisi ini, ketidakmampuan Anda bangun dari tempat tidur berhubungan dengan diagnosis. Namun, jika Anda merasa tidak bisa bangun pagi, berapapun lamanya tidur, hal ini juga bisa berkaitan dengan gangguan mental.

Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi?



Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan mental yang membuat Anda tidak bisa bangun pagi dilansir dari Verywell Mind, Sabtu (20/4/2024).



1. Depresi


Jika Anda kesulitan untuk bangun di pagi hari, ada kemungkinan Anda menderita depresi. Gejala depresi lainnya meliputi perasaan sedih, kekosongan dan keputusasaan sepanjang hari, perubahan nafsu makan atau pola tidur.

Jika Anda merasa ketidakmampuan Anda untuk bangun mungkin terkait dengan kondisi ini, penting untuk menghubungi profesional. Perawatan yang efektif dapat membantu, termasuk psikoterapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup.

2. Kecemasan


Kondisi kesehatan mental seperti kecemasan juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bangun pagi. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50 persen orang dengan kecemasan mengalami gangguan tidur.

Orang yang mengalami kondisi ini seringkali merasa stres dan kelelahan di siang hari, sehingga dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari. Artinya, Anda tidak bisa tertidur atau tetap tertidur dalam waktu lama setiap malam, sehingga sulit untuk bangun keesokan paginya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)