alexametrics

Wow! Daihatsu Memberikan Kejutan kepada Sahabat Setia

loading...
Wow! Daihatsu Memberikan Kejutan kepada Sahabat Setia
Wow! Daihatsu Memberikan Kejutan kepada Sahabat Setia
A+ A-
DAIHATSU Setia memberikan kejutan kepada 45 Sahabat Daihatsu dengan merekondisi mobil Daihatsu milik mereka yang memiliki jam terbang tinggi.

Bagaimana ceritanya? Bola mata Priswandi, warga Bogor, Jawa Barat, terlihat berkaca-kaca ketika melihat sebuah mobil Daihatsu Xenia berwarna biru telur asin ada di hadapan matanya. Dia tidak percaya mobil yang dulunya dia beli seharga Rp89 juta pada tahun 2007 itu berdiri di hadapannya sama persis sewaktu dia beli pertama kali.

“Awalnya saya yakin ini mobil saya. Tapi saya sedikit ragu karena mobilnya benar-benar terlihat baru seperti saya dulu beli,” ujar Priswandi. Pria yang setiap tahun membawa mobil ini touring dari Jakarta ke Padang ini takjub melihat seluruh bagian yang ada di mobilnya telah dilengkapi dengan sparepart baru.



“Semuanya baru, mulai dari ban, jok, wiper sampai kaca juga baru,” kata Priswandi, sambil memegang seluruh bagian mobil yang dia sebutkan tadi. Priswandi bukan satu-satunya orang yang bahagia saat itu.

Total ada 45 pelanggan Daihatsu merasakan hal yang sama karena diumumkan sebagai pemenang program Daihatsu Setia yang diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Tahun ini total 45 unit mobil dari berbagai daerah keluar sebagai pemenang Daihatsu Setia.

Jenis model terbagi 20 unit Daihatsu Xenia, 20 unit Daihatsu Terios, 3 Daihatsu Luxio, dan 2 Daihatsu Sirion. Daihatsu menggelar acara penyerahan mobil tersebut di dealer Daihatsu yang ada di Astra Bizz Centre, BSD City, Tangerang, Selasa (11/12) lalu.

Karena acaranya dipusatkan di Tangerang, Daihatsu menyerahkan sebanyak 20 mobil pemenang Daihatsu Setia yang memang berdomisili di area Jabodetabek. Jumlahnya memang turun dari tahun sebelumnya sebanyak 110 unit.

Karena tahun lalu bertepatan dengan ulang tahun ke-110 Daihatsu. “Jumlah 45 unit ini berdasar jumlah negara yang ikut Asian Games 2018 karena Daihatsu menjadi partner resmi,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Div Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation.

Hendrayadi menjelaskan soal persyaratan mengikuti program ini. “Mobil tangan pertama, kemudian rajin servis rutin ke bengkel resmi dan yang paling penting yang bisa membedakan antarpemenang adalah kilometer paling banyak,” ujarnya. Antusiasme pesertanya terus bertambah.

Tahun ini tercatat 11.021 pendaftar dengan sebaran wilayah terbanyak di sekitar Jabodetabek. Mobil terpilih masuk ke bengkel selama 2 bulan. Tentunya pemilik diberi pinjaman mobil pengganti. Rekondisi yang dilakukan tidaklah main-main.

Secara keseluruhan, onderdil atau sparepart yang diganti mencapai 200 item. Mulai eksterior seperti bumper depan-belakang, grille, lampu, spion, spakbor, pelek hingga ban, semuanya diganti baru.

Bodi juga dicat ulang sesuai warna aslinya. Bagian interior pun sama. Seluruh jok diganti baru, sama halnya setir, tuas transmisi, panel instrumen sampai panel pintu. Bagian kaki-kaki turut mengalami penggantian komponen jika dibutuhkan.

Mesin diturunkan untuk disegarkan kembali. Bahkan, odometer kembali ke angka nol. Setelah semua proses selesai, mobil tampak seperti keadaan saat baru keluar dari pabrik. Persis mobil gres dengan jok yang masih terlapis plastik.

Jika dikalkulasi ke harga tiap komponen, bisa mencapai Rp80 juta-Rp90 juta. Itu belum termasuk biaya jasa dan pengerjaan. “Jika ditotal, semuanya bisa mencapai Rp100 juta,” tambah Hendrayadi. Rata-rata pemenang Daihatsu Setia sudah menempuh 200 ribuan kilometer.

Ada juga yang hanya 100 ribuan kilometer untuk model Luxio dan Sirion. Unit paling tua, Xenia keluaran 2004. Model ini merupakan keluaran paling awal yang sangat booming kala itu. Lalu paling muda diwakili Sirion 2013. Baru 5 tahun tapi sudah menempuh jarak 140.357 km.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, mengatakan Daihatsu tidak mencari keuntungan dari program ini. Menurutnya, program ini merupakan upaya Daihatsu untuk terus membahagiakan konsumen atau Sahabat Daihatsu.

“Kami akan terus melanjutkan program ini, seperti sekarang, dan selanjutnya sebagai apresiasi dan pelayanan terbaik Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra. Diketahui Daihatsu Setia adalah pe ngembangan dari program Xenia Setia yang diadakan pada 2014 sampai 2016.

Antusias yang begitu tinggi dan atas masukkan dari konsumen, program rekondisi berubah menjadi Daihatsu Setia mulai 2017. Modelnya mencakup semua lini produk Daihatsu sekarang.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak