Benarkah Laki-Laki Lebih Jago Navigasi ketimbang Wanita?

Sabtu, 20 April 2024 - 21:00 WIB
loading...
Benarkah Laki-Laki Lebih Jago Navigasi ketimbang Wanita?
Manusia mempunyai kemampuan navigasi berbeda-beda. (Foto: Smithsonian Magazine)
A A A
JAKARTA - Sebagian orang tentu pernah mengalami peristiwa tersesat di jalanan. Ternyata ada alasan ilmiah dan penelitian di balik peristiwa tersebut.

Seperti banyak peneliti yang mempelajari bagaimana orang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ilmuwan kognitif Universitas Northwestern David Uttal dikenal sebagai navigator yang buruk. “Ketika berusia 13 tahun saya pernah tersesat saat berjalan-jalan selama dua setengah hari bersama Pramuka,” ujar Uttal.

Uttal tak sendirian. Orang-orang yang sepertinya selalu tidak tahu persis di mana mereka berada dan bagaimana mencapai tujuannya. “Manusia sama sekali tidak sempurna, tapi mereka bisa akurat hingga tingkat yang sangat akurat,” kata psikolog kognitif di Temple University Nora Newcomb yang juga salah satu penulis studi tentang keterampilan navigasi, dilansir dari Smithsonian Magazine, Sabtu (20/4/2024).

Sangat mudah untuk menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan navigasi berbeda-beda, namun ternyata jauh lebih sulit bagi para ilmuwan untuk menjelaskan alasannya. Lalu, para ilmuwan menggunakan teknologi seperti realitas virtual dan pelacakan GPS untuk mengamati ratusan atau bahkan jutaan orang yang bergerak melalui ruang yang kompleks dan mengukur seberapa baik mereka bergerak.


Keterampilan Navigasi


Pertimbangan terkini mengenai peran genetika dalam navigasi menyoroti pentingnya lingkungan seseorang. Pada 2020, Margherita Maranchini, psikolog perkembangan di Queen Mary University of London, dan rekan-rekannya menyelidiki kinerja lebih dari 2.600 anak kembar identik dan non-identik saat menjelajahi lingkungan virtual.

Mereka membandingkan dan menguji lebih untuk menentukan apakah kemampuan navigasi diturunkan dalam keluarga. Mereka mendapati hal ini benar, namun dalam skala kecil. Sebaliknya, apa yang para ahli genetika sebut sebagai “aktor lingkungan yang tidak dimiliki bersama” – yaitu pengalaman unik yang diperoleh setiap orang sepanjang hidup mereka – terutama berkontribusi terhadap kinerja manusia. Navigator yang baik sepertinya diciptakan, bukan dilahirkan.

Eksperimen luar biasa berskala besar yang dipimpin oleh ahli saraf kognitif Hugo Spires di University College London telah memberikan para peneliti wawasan tentang bagaimana pengalaman dan faktor budaya lainnya memengaruhi kemampuan orientasi.

Ada pula Spires dan rekan-rekannya bekerja sama dengan operator T-Mobile untuk menciptakan Sea Hero Quest, sebuah permainan untuk ponsel dan tablet. Para pemain menavigasi perahu melalui lingkungan virtual untuk menemukan serangkaian pos pemeriksaan. Aplikasi game tersebut meminta pemaim untuk memberikan informasi demografi dasar, dan sekitar 4 juta orang di seluruh dunia melakukannya.



Hasilnya menunjukkan bahwa pengalaman hidup seseorang sangat penting dalam menentukan seberapa baik mereka mengatasinya. Hal ini menunjukkan hal ini mungkin menjadi salah satu faktornya. Faktanya, pengalaman ini mungkin menjadi dasar bagi salah satu temuan dan stereotip paling konsisten dalam navigasi bahwa laki-laki cenderung berkinerja lebih baik daripada perempuan. Ternyata perbedaan gender ini lebih disebabkan oleh budaya dan pengalaman dibandingkan kemampuan bawaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)