Dicekal Google, Ponsel Cerdas Huawei dengan OS Harmony Segera Hadir

Selasa, 18 Agustus 2020 - 01:17 WIB
loading...
Dicekal Google, Ponsel Cerdas Huawei dengan OS Harmony Segera Hadir
Huawei dikabarkan segera merilis sistem operasi Harmony untuk gantikan OS Android. Google sendiri tak memperpanjang lisensi OS Android karena larangan Administrasi Trump. Foto/Gioz China
A A A
SHENZHEN - Menurut beberapa sumber, kabar terbaru dari supply chain menyebutkan bahwa ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Karena hal ini dan karena tekanan lingkungan eksternal, Huawei mulai mempertimbangkan rencana terminal yang lebih otonom.

Saat mengatakan ini, sumber itu berarti akan menyebut ada smartphone Huawei yang berjalan di OS Harmony. Seperti yang dikatakan laporan itu, Huawei belum menyerah pada pengembangan smartphone berdasarkan sistem operasi Harmony. (Baca juga: Ini Bukti Huawei Mobile Services Bikin Pengguna Ponsel Huawei Nyaman )

Dan salah satu alasan utama penundaan peluncuran adalah karena ekosistem mendukung lebih sedikit aplikasi. Seperti yang Anda pahami, keberhasilan sistem operasi apa pun berkorelasi dengan aplikasi yang ditawarkannya.
Dicekal Google, Ponsel Cerdas Huawei dengan OS Harmony Segera Hadir

Ingat OS Windows Phone. OS itu lebih lancar dan memiliki lebih sedikit persyaratan perangkat keras untuk kinerja yang lebih baik. Tetapi para pengembang tidak tertarik membuat aplikasi dan game untuk sistem tersebut. Jadi OS itu pun menghilang dari pasaran.

Laman Giz China melaporkan, Huawei memahami masalah ini dan tidak ingin mengulangi kesalahan Microsoft. Seiring dengan pertumbuhan ekosistem HMS yang pesat, masalahnya kini telah teratasi dengan baik.

Huawei Memberi Petunjuk Ponsel Cerdas OS Harmony
Perlu disebutkan bahwa pada Konferensi Informatisasi China 2020 yang diadakan pada 7 Agustus, CEO Bisnis Konsumen Huawei, Yu Chengdong, mengungkapkan bahwa produk jam tangan pintar Huawei tahun ini juga akan hadir dengan OS Harmony.

Dia menambahkan, semua produk Huawei IoT di masa depan, termasuk PC, tablet, bahkan smartphone dapat menggunakan Harmony OS. Selain itu, Yu Chengdong telah berkali-kali menyatakan sebelumnya bahwa jika mereka tidak dapat menggunakan sistem Android, maka akan sangat memudahkan Huawei untuk bermigrasi ke OS Harmony.

Migrasi hanya membutuhkan beberapa hari untuk sepenuhnya bertransformasi dari Android ke sistem mereka sendiri. Selain itu, Yu Chengdong, menyatakan, pada konferensi IFA September lalu bahwa kalau ponsel Huawei terus dilarang menggunakan Layanan Google, maka mereka akan mempertimbangkan untuk menggunakan HMS.

Selain itu, Yu Chengdong menegaskan, ekosistem HMS saat ini berada di urutan setelah Android dan iOS, atau berada di peringkat tiga teratas di dunia. Dengan perkembangan berkelanjutan, HMS Huawei diharapkan menjadi ekosistem paling populer di pasar global di masa depan. (Baca juga: Ronald Koeman Datang, Barcelona Belajar Hidup Tanpa Messi )

Selain itu, AppGallery (pasar aplikasi) yang terintegrasi ke dalam ekosistem, merupakan toko aplikasi terbesar ketiga di dunia setelah App Store dan Play Store.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)