Beri Selamat, Anies Sebut Prabowo Sosok Patriot yang Paham Demokrasi dan Oposisi

Senin, 22 April 2024 - 22:07 WIB
loading...
Beri Selamat, Anies Sebut Prabowo Sosok Patriot yang Paham Demokrasi dan Oposisi
Capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyampaikan selamat kepada paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Foto/Achmad Al Fiqri/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyampaikan selamat kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Ia pun mengucapkan selamat menjalankan amanat konstitusi.

"Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua," tutur Anies dalam pernyataan video yang diunggah di akun YouTubenya, Senin (22/4/2024).

Lebih lanjut, Anies pun menyinggung pertanyaan yang kerap dilempar kepadanya tentang sosok Prabowo. Ia menegaskan, Prabowo merupakan sosok patriot.

"Hari ini saya terus mempercayai sebagai seorang patriot, beliau adalah seorang yang telah mengalami pendidikan modern sejak usia belia dan berasal dari keluarga intelektual yang amat terpandang," kata Anies.



Atas dasar itu, Anies meyakini, Prabowo sangat paham bahwa demokrasi yang baik itu bisa menerima keberadaan oposisi, menjaga indepedensi tiga cabang kekuasaan, hingga menjaga kebebasan pers dan masyarakat dalam bersuara.

"Maka Prabowo tentu paham, bahwa dalam demokrasi yang baik, menerima keberadaan oposisi sebagai partner dalam bernegara. Menjaga keseimbangan dan independensi tiga cabang kekuasaan, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif," tutur Anies.

"Lalu menjamin kebebasan media sebagai pilar keempat demokrasi. Serta yang tidak kalah penting adalah menjaga kebebasan rakyat di dalam bersuara, dalam mengungkapkan pendapat, dalam berserikat berkumpul dalam sebuah proses demokrasi," imbuhnya.

Anies pun yakin, Prabowo dapat menjaga nilai demokrasi itu ke depan. "Dan sebagai seorang patriotrik, menurut saya, Pak Prabowo akan mengembalikan dan menjaga nilai-nilai demokrasi ini di masa-masa Indonesia ke depan," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)