Apa Penyebab Badan Gatal-gatal pada Malam Hari? Waspada Penyakit Ginjal

Rabu, 24 April 2024 - 14:20 WIB
loading...
Apa Penyebab Badan Gatal-gatal pada Malam Hari? Waspada Penyakit Ginjal
Badan gatal-gatal pada malam hari bisa disebabkan secara alami. Terkadang, kondisi ini juga merupakan gejala dari masalah kesehatan yang mendasarinya. Foto/DVNET
A A A
JAKARTA - Badan gatal-gatal pada malam hari bisa disebabkan secara alami karena perubahan suhu tubuh dan kehilangan air. Terkadang, kondisi ini juga merupakan gejala dari masalah kesehatan yang mendasarinya.

Kulit gatal di malam hari, yang disebut pruritus nokturnal, bisa cukup parah untuk mengganggu tidur secara teratur. Mengapa ini terjadi dapat berkisar dari penyebab alami hingga masalah kesehatan yang lebih serius.

Anda mungkin mengalami sensasi gatal ketika mencoba untuk tidur, atau mungkin cukup parah untuk membangunkan Anda di malam hari. Beberapa orang menggaruk tubuh secara tidak sadar saat tidur karena rasa gatal.

Apa Penyebab Badan Gatal-gatal pada Malam Hari?



Berikut penyebab badan gatal-gatal pada malam hari dilansir dari Health Line, Rabu (24/4/2024).



Penyebab Alami


Bagi kebanyakan orang, mekanisme alami bisa berada di balik gatal di malam hari. Ritme sirkadian alami tubuh Anda, atau siklus harian, memengaruhi fungsi kulit seperti pengaturan suhu, keseimbangan cairan, dan perlindungan penghalang. Penyebab alami badan gatal meliputi:

1. Ritme Sirkadian


Fungsi kulit ini berubah di malam hari. Misalnya, suhu tubuh Anda dan aliran darah ke kulit Anda keduanya meningkat di malam hari, menghangatkan kulit Anda. Kenaikan suhu kulit dapat membuat Anda merasa gatal.

Pelepasan zat-zat tertentu oleh tubuh Anda juga bervariasi berdasarkan waktu. Pada malam hari, Anda melepaskan lebih banyak sitokin, yang meningkatkan peradangan. Sementara itu, produksi kortikosteroid atau hormon yang mengurangi peradangan melambat.

2. Hidrasi


Kulit Anda kehilangan lebih banyak air di malam hari. Seperti yang mungkin Anda perhatikan, selama bulan-bulan musim dingin yang kering, kulit kering gatal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)