Ciri-ciri 70.000 Yahudi Isfahan yang Diramal Bakal Menjadi Tentara Dajjal

Rabu, 24 April 2024 - 12:31 WIB
loading...
Ciri-ciri 70.000 Yahudi Isfahan yang Diramal Bakal Menjadi Tentara Dajjal
Tayalisah merupakan semacam pakaian yang dipakai di atas pundak dan mengelilingi tubuh, pakaian ini selalu dipakai kaum Yahudi Isfahan sebagai pembeda dari golongan Yahudi lainnya. Foto dok petunjukzaman
A A A
Yahudi Isfahan mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Kelompok tersebut kelak diramal bakal menjadi pasukan Dajjal menjelang hari kiamat.

Menurut kepercayaan umat Muslim, salah satu tanda semakin dekatnya hari kiamat adalah kemunculan Dajjal. Pada sejumlah hadis, disebutkan bahwa nantinya bala tentara Dajjal akan berisikan sebagian besar di antaranya dari umat Yahudi.

Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw bersabda:

يَخْرُجُ الدَّجَّالُ مِنْ يَهُودِيَّةِ أَصْبَهَانَ، وَمَعَهُ سَبْعُونَ أَلْفًا مِنَ الْيَهُودِ


Artinya: “Dajjal akan keluar dari daerah Yahudiyah Asbahan. Dia bersama 70 ribu orang Yahudi.” (HR Ahmad 13344, Abu Ya’la al-Mushili dalam musnadnya 3639, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Berdasarkan hadis di atas, Dajjal disebutkan akan muncul dari daerah Yahudiyah Ashbahan. Adapun wilayah tersebut juga biasa dikenal sebagai Isfahan yang masuk negara Iran dan terletak sekitar 440 km dari Teheran.

Sejalan dengan keterangan di atas, maka tak jarang orang memperkirakan bahwa kelompok Yahudi yang dimaksud sebagai tentara Dajjal kelak adalah Yahudi Isfahan. Lalu, apa saja ciri-ciri mereka?

Ciri-ciri Yahudi Isfahan

1. Mengenakan Jubah Hijau

Ciri pertama dari Yahudi Isfahan yang diramal kelak menjadi tentara Dajjal adalah memakai jubah berwarna hijau. Hal ini pernah dijelaskan dalam salah satu hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu anha.

Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda: ‘Yang mengikuti Dajjal dari Yahudi Asfahan sebanyak 70.000 orang, mereka memakai jubah hijau (yang biasa dipakai ulama Persia).’ (HR. Muslim)

2. Memakai Mahkota

Kemudian, ada pula hadis yang menjelaskan bahwa Dajjal akan keluar dari Yahudiyah Ashbahan (Isfahan) dengan 70.000 orang Yahudi sebagai pengikutnya. Adapun ciri-ciri yang disebutkan bagi pengikutnya adalah memakai mahkota.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَخْرُجُ الدَّجَّالُ مِنْ يَهُودِيَّةِ أَصْبَهَانَ مَعَهُ سَبْعُونَ أَلْفاً مِنَ الْيَهُودِ عَلَيْهِمُ التِّيجَانُ


“Dajjal akan keluar dari Yahudiyah Ashbahan dan 70.000 orang Yahudi yang memakai mahkota akan jadi pengikutnya.” (HR. Ahmad 3: 224. Haditsnya hasan kata Syaikh Syu’aib Al Arnauth).

3. Tayalisah

Berikutnya adalah mengenakan Tayalisah. Istilah tersebut merujuk pada salah satu hadis yang menyebutkan Yahudi Isfahan kelak akan memakainya sebagai pengikut Dajjal.

“Yang mengikuti Dajjal dari kalangan Yahudi Isfahan sebanyak tujuh puluh ribu orang, mereka mengenakan pakaian tayalisah.” (HR Muslim, no.2944)

Sebagai informasi, Tayalisah merupakan semacam pakaian yang dipakai di atas pundak dan mengelilingi tubuh. Yahudi Isfahan biasa mengenakannya sebagai pembeda dari golongan Yahudi lain.

Itulah beberapa ciri Yahudi Isfahan yang kelak diramal menjadi bala tentara Dajjal di akhir zaman.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)