2 Wanita Pelaku TPPO Diringkus di Sijunjung, Modus Jadi Pemandu Lagu di Malaysia

Rabu, 24 April 2024 - 13:39 WIB
loading...
2 Wanita Pelaku TPPO Diringkus di Sijunjung, Modus Jadi Pemandu Lagu di Malaysia
Polres Sijunjung menangkap dua wanita pelaku TPPO modus kerja jadi PL di Malaysia. Foto/Ilustrasi
A A A
SIJUNJUNG - Dua orang wanita berinisial JR (29) Jorong Batu Gadang Kenagarian Limo Koto Kecamatan Koto VII dan AB (41) warga Jorong Permata Sari Bulan, Kenagarian Muaro, Kecamatan Sijunjung, Sumatera Barat ditangkap polisi.

Keduanya diduga terlibat kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) antarnegara.

Kasatreskrim Polres Sijunjung AKP Muhammad Yasin, kasus ini terungkap setelah enam orang korban tersebut kabur dari tempat mereka bekerja dan lari menuju kedutaan besar Indonesia.



“Korban pun menghubungi pihak keluarga untuk meminta bantuan biaya pulang ke tanah air. Ketika menghubungi keluarga, kasus itu terungkap adanya tindak pidana perdagangan orang di wilayah hukum Polres Sijunjung,” kata Yasin, Rabu (24/4/2024).

Atas laporan pada 17 April 2024 tersebut, polisi menangkap kedua pelaku tersebut, pada Minggu (21/4) terduga pelaku berinisial JR (29) ditangkap dan AB (41) ditangkap pada Senin (22/4).



Setelah melakukan pemeriksaan kepada kedua tersangka ini, modus yang dipakai adalah diiming-iming gaji Rp15 juta dan bekerja ditempat karaoke dan resto di Malaysia.

Namun kenyataannya korban ini dipekerjakan ditempat pijat dan dijual kepada pria hidung belang di luar negeri dengan tarif bervariasi. “Korban ada enam orang dipekerjakan di tempat pijat dan dijual pada pria hidung belang di luar negeri,” ujarnya.

Kedua pelaku dijerat dengan Pasal 81 Jo Pasal 69 Undang-Undang Perlindungan Migran Indonesia ditambah Pasal 4 Undang-Undang Perdagangan Orang dengan ancaman kurungan 15 tahun penjara.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)