Kisah Kakek 16 Cucu, dari Tukang Kayu Jadi Gamer Kaya

Kamis, 25 April 2024 - 12:00 WIB
loading...
Kisah Kakek 16 Cucu, dari Tukang Kayu Jadi Gamer Kaya
Radhuan Othman menghasilkan hingga Rp20,3 juta per bulan dengan live streaming game PUBG Mobile di TikTok. (Foto: Metro)
A A A
JAKARTA - Seorang kakek asal Malaysia mengalami transformasi hidup, dari tukang kayu menjadi seorang gamer kaya raya.

Melansir Harian Metro, Kamis (25/4/2024), sang kakek, Radhuan Othman (64) kini bisa menghasilkan Rp20,3 juta per bulan. Caranya dengan melakukan live streaming game Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile di TikTok. PUBG Mobile dikenal sebagai versi mobile dari game battle royale populer, PUBG. Di ajang ini, pemain saling tembak untuk menjadi orang terakhir yang bertahan hidup.

Akunnya, PakDhuan Gaming di TikTok kini makin populer karena berhasil mendapatkan 16 kill dalam sekali game PUBG Mobile pada November 2023 lalu. Pria yang memiliki 16 cucu ini awalnya tertarik dengan teknologi, sebelum akhirnya menekuni game sebagai hobinya.

Meskipun sudah mulai bermain PUBG Mobile sejak enam tahun lalu, Radhuan baru benar-benar serius bermain game saat pandemi. Lalu, ia mendapatkan ide untuk melakukan streaming di TikTok sebagai sumber penghasilan tambahan.

"Dalam sebulan, saya berhasil menghasilkan uang dari live streaming dan mulai upgrade komputer saya dari situ. Meskipun ini dianggap sebagai hobi, saya mendapatkan penghasilan tambahan dari sini jadi saya melihat ini sebagai sesuatu yang bermanfaat," kata Radhuan.



Sekarang, Radhuan melakukan streaming hingga enam jam sehari antara jam 21.00 malam dan 05.00 pagi. Ia menyisakan waktu siang hari untuk kebersamaan dengan keluarga.
Meskipun dia mengakui dirinya sebagai gamer yang cukup hardcore, Radhuan mengaku tidak kecanduan. Ia hanya ingin mendapatkan penghasilan sambil menghibur orang lain.

Radhuan juga mengatakan kepada media bahwa dia merasa waktu yang dihabiskan terbayar. Dia ditempatkan di antara 10 besar 'Top Famous' dalam Ellando Agency TikTok Live Performance Appreciation Awards 22/23.

Radhuan bukan satu-satunya orang yang baru bermain game di usia lanjut. Sham Shat Begun (60) menghabiskan waktu tiga jam sehari untuk bermain Candy Crush di perangkat selulernya. Nenek dari enam cucu ini tidak bisa tidur di malam hari jika belum bisa menyelesaikan level tertentu dalam game dengan benar. "Kadang-kadang, saya menjadi sangat frustrasi sehingga saya akan mencari panduan di Google tentang cara menyelesaikan level tersebut," kata Sham.



Candy Crush yaitu game mobile yang mengharuskan pemain untuk menyelaraskan baris permen untuk menghancurkannya, menghilangkannya dari permainan dan menyelesaikan level. "Saya mulai memainkan game ini pada 2010 hanya untuk mengisi waktu luang, tapi itu mulai menjadi lebih menyenangkan bagi saya," tuturnya.

Ia biasanya bermain setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah tangga, yaitu antara jam 23.00 malam dan 02.00 pagi, sebelum tidur. Sampai saat ini, dia telah menyelesaikan permainan hingga level 15.040. Biasanya dia membutuhkan waktu hingga dua hari untuk menyelesaikan satu level.

Di rumah, keluarganya tidak terlalu khawatir dengan kesukaannya terhadap Candy Crush - menurut Sham, anak dan cucunya memiliki hobi yang serupa. "Kadang-kadang, mereka bahkan meminta saya untuk menyelesaikan level yang mereka stuck untuk mereka," ucapnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)