Saat Perayaan Natal Trafik Layanan Data Indosat Ooredoo Melonjak 74,2%

Rabu, 26 Desember 2018 - 17:00 WIB
Saat Perayaan Natal Trafik Layanan Data Indosat Ooredoo Melonjak 74,2%
Saat Perayaan Natal Trafik Layanan Data Indosat Ooredoo Melonjak 74,2%
A A A
JAKARTA - Peningkatan trafik yang terjadi selama perayaan Hari Natal 2018 berhasil diantisipasi oleh Indosat Ooredoo. Vendor jaringan telekomunikasi tersebut berhasil melayani masyarakat konsumen dengan baik selama perayaan hari besar umat Kristen tersebut, khususnya Selasa, 25 Desember 2018.

Perusahaan mencatat terjadi lonjakan trafik telekomunikasi secara signifikan, khususnya untuk trafik layanan data. Selama masa perayaan Natal, Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup tinggi.

Pada 25 Desember 2018, trafik data meningkat menjadi 6.824 TeraBytes atau meningkat 12,9% dibanding trafik hari biasa. Bila dibandingkan trafik pada Hari Natal pada tahun sebelumnya melonjak 74,2% dibanding tahun sebelumnya.

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan sebesar 14,86% dibandingkan trafik hari biasa. Lalu trafik SMS naik 8,4% dibandingkan pengiriman SMS di hari biasa.

“Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan kami, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini," kata Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Rabu (26/12/218).

Hal ini, kata dia, tidak lepas dari upaya perusahaan menyiapkan kapasitas jaringan, mengantisipasi kenaikan aktivitas komunikasi masyarakat, terutama dalam menggunakan layanan data. Indosat Ooredoo bakal terus memastikan keandalan kualitas layanan untuk mendukung aktivitas masyarakat di akhir tahun.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan tahun baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik yang biasa terjadi.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS dinaikkan menjadi 1,011 miliar SMS/hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut. Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0523 seconds (0.1#10.140)