Chip Gunakan AI, MediaTek Rayu Apple, Samsung, dan Xiaomi

Minggu, 30 Desember 2018 - 13:06 WIB
Chip Gunakan AI, MediaTek Rayu Apple, Samsung, dan Xiaomi
Chip Gunakan AI, MediaTek Rayu Apple, Samsung, dan Xiaomi
A A A
SHENZHEN - MediaTek berharap chip-nya mengotaki smartphone kelas atas. Menurut Digitimes, perancang chip yang berbasis di Taiwan itu telah berbicara dengan produsen smartphone seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi dalam upayanya mencari peluang kerja sama bisnis.

MediaTek selama ini dikenal karena menawarkan komponen kelas atas untuk produk kelas bawah. Hal ini yang membuatnya keluar dari pasar utama ponsel cerdas.

Dalam laporan yang dilansir Phone Arena, Minggu (30/12/2018), mereka biasanya menawarkan chip berkinerja tinggi untuk handset kelas bawah. Tak heran ketika perusahaan seperti MediaTek mulai menambahkan fitur-fitur canggih seperti kemampuan kecerdasan buatan (AI), maka chipset-nya tetap tak bisa mendapatkan akses ke perangkat kelas atas.

Ini bisa menjadi alasan mengapa MediaTek tidak dapat memperoleh daya tarik dengan Helio X30. Perusahaan pun berhenti memproduksi dan mengembangkan chip Helio X-nya untuk perangkat kelas atas.

MediaTek berencana menggunakan teknologi AI-nya untuk menjual chip di berbagai pasar, termasuk komputer, komunikasi, elektronik konsumen, dan industri automotif. Sejauh menyangkut industri smartphone, MediaTek harus berhadapan dengan fakta beberapa produsen ponsel merancang teknologi AI mereka sendiri yang dibangun langsung ke dalam SoC-nya. Dan tentu saja, Qualcomm terus memiliki cengkeraman pada chipset untuk handset terikat AS.

Berbicara tentang AI, MediaTek baru-baru ini meluncurkan Helio P90, yang dibuat untuk ponsel kelas menengah. Diproduksi menggunakan proses 12nm, SoC mencakup multi-core AI processing unit (APU) yang menawarkan 4 kali kinerja AI yang ditemukan pada chip P60 dan P70. APU memungkinkan produsen ponsel memberi pelanggan kemampuan untuk mengambil foto berkualitas tinggi menggunakan ponsel yang lebih terjangkau.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6693 seconds (0.1#10.140)