Mark Zuckerberg Jamin Facebook Terus Perangi Ujaran Kebencian

Minggu, 30 Desember 2018 - 15:00 WIB
Mark Zuckerberg Jamin Facebook Terus Perangi Ujaran Kebencian
Mark Zuckerberg Jamin Facebook Terus Perangi Ujaran Kebencian
A A A
MOUNTAIN VIEW - Tahun 2018 adalah periode yang sangat menantang bagi Facebook dengan munculnya kasus pelanggaran data, skandal Cambridge Analytica, berita palsu, dan banyak lagi.

Dalam posting panjang di Facebook (via Bloomberg), CEO dan Co-Founder Mark Zuckerberg mengatakan, perusahaannya sedang bekerja keras untuk memastikan pelanggan memiliki kendali atas informasi mereka sendiri. Bahkan layanan Facebook diklaim berkontribusi pada kesejahteraan orang lain.

Laman Phone Arena, Minggu (30/12/2018), menyebutkan, eksekutif raksasa media sosial itu mengatakan, dirinya bangga dengan kemajuan yang dibuat oleh Facebook. Karena itu, Mark Zuckerberg berani mengklaim perusahaan jauh berbeda daripada 2016 atau 2017.

Hanya Zuckerberg mencatat, perbaikan Facebook akan memakan waktu lebih dari satu tahun. Bahkan, perusahaan memiliki rencana multitahun untuk memperbaiki beberapa masalah utama.

Meski demikian, dia mengingatkan, beberapa masalah seperti gangguan "bicara" dan pemilihan umum tidak akan pernah bisa diselesaikan sepenuhnya. Untuk mencegah campur tangan pemilihan umum di Facebook, perusahaan mengidentifikasi dan menghapus jutaan akun palsu setiap hari.

Siapa pun sekarang, kata dia, dapat melihat semua iklan yang telah diposkan pengiklan ke semua pengguna. Dan Facebook telah menjangkau pemerintah dan petugas penegak hukum di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan telah memulai komisi penelitian pemilihan independen untuk menemukan potensi ancaman dan cara untuk menghentikannya.

Facebook sekarang menggunakan AI untuk menghapus pidato kebencian dan konten yang terkait dengan terorisme sebelum dapat dilihat oleh pelanggan. Umpan berita sekarang mempromosikan berita dari "sumber tepercaya" dan dalam situasi di mana konten yang dipertanyakan tidak ditandai oleh AI, tim peninjau konten memeriksa pos-pos tersebut.

"Untuk 2018, tantangan pribadi saya adalah fokus menangani beberapa masalah paling penting yang dihadapi komunitas kami -apakah itu mencegah campur tangan pemilihan, menghentikan penyebaran pidato kebencian dan informasi yang salah, memastikan orang-orang memiliki kendali atas informasi mereka, dan memastikan layanan kami meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di masing-masing bidang ini, saya bangga dengan kemajuan yang telah kami buat. Kami adalah perusahaan yang sangat berbeda hari ini dibandingkan dengan tahun 2016, atau bahkan setahun yang lalu. Mengubah DNA kami untuk lebih fokus pada pencegahan bahaya di semua layanan dan kami secara sistematis telah menggeser sebagian besar perusahaan kami untuk bekerja mencegah kerusakan. Kami sekarang memiliki lebih dari 30.000 orang yang bekerja di bidang keselamatan dan menginvestasikan miliaran dolar dalam keamanan setiap tahun," papar Mark Zuckerberg seperti dilansir Phone Arena.

Zuckerberg mengatakan, lebih dari 2 miliar orang menggunakan salah satu layanan Facebook setiap hari agar tetap terhubung. Dia mencatat penelitian yang telah dilakukan perusahaan menunjukkan ketika internet digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang, itu mengarah pada kebahagiaan yang lebih besar, kesehatan yang lebih baik dan perasaan kesejahteraan.

Tetapi jika internet digunakan untuk membaca konten, orang tidak mendapatkan perasaan yang sama. Akibatnya Facebook mengubah layanannya untuk fokus pada interaksi sosial yang bermakna ketimbang konten pasif.

Sebagai contoh, dia mengatakan, perusahaan telah mengurangi jumlah video viral yang ditonton oleh 50 juta jam sehari. Untuk diketahui, beberapa bisnis lain yang dimiliki oleh Facebook adalah WhatsApp, Instagram, dan Oculus.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5346 seconds (0.1#10.140)