Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan

Kamis, 03 Januari 2019 - 19:00 WIB
Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan
Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan
A A A
SEOUL - LG Electronics (LG) bakal memperlihatkan kemampuan prosesor pintar terbaru, yakni α (Alpha) 9 Gen 2 di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019. Dengan pengembangan algoritma pembelajaran di dalamnya, maka prosesor pintar ini menjanjikan peningkatan pada tampilan gambar dan kualitas audio yang lebih baik.

Dalam keterangan persnya, LG mengutarakan, algoritma baru ini membuat jajaran TV LG di tahun 2019 memiliki kemampuan menganalisis sumber asal konten dan mengenali kondisi ruang penempatan TV. Algoritma pengenalan inilah yang kemudian digunakan dalam mengoptimalkan tayangan dan audio dari TV.

Pada rangkaian TV LG di tahun 2019 juga menjanjikan pengalaman penggunaan yang lebih intuitif melalui pengembangan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan/AI). Salah satunya berkat kebijakan platform terbuka LG, di mana kepintaran TV terbarunya akan dibekali akses berbagai platform layanan kecerdasan buatan. Layanan ini termasuk masuknya Amazon Alexa mendampingi Google Assistant yang telah menjadi bawaan seri TV LG sebelumnya.
Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan

Kepintaran dengan janji pengalaman penggunaan lebih intuitif ini pun bakal hadir melalui pengembangan LG pada fungsi perintah suara. Menghilangkan kesan kaku, perusahaan membekali kemampuan perintah suara yang lebih mengesankan sebuah percakapan antara pengguna dan TV.

Di bagian lain, Home Dashboard pun ditata sedemikian rupa untuk memungkinkan penggunanya melakukan kontrol pada berbagai perangkat elektronik rumah lain melalui TV.

Gambar dan Suara Lebih Optimal
Pada tahapan awal, setidaknya terdapat empat seri TV OLED LG yang telah dikonfirmasi bakal ditenagai prosesor pintar α (Alpha) 9 Gen 2. Keempatnya yaitu seri Z9, W9, E9 dan C9. Termasuk di dalamnya TV OLED LG berbentang layar 88 inci dengan resolusi 8K dari seri Z9.
Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan

Selain pada TV OLED terbarunya, prosesor pintar α (Alpha) 9 Gen 2 juga bakal mentenagai TV LCD berbentang 75 inci dengan resolusi 8K yang hadir dalam model SM99. Pengembangan algoritma pembelajaran prosesor pintar α (Alpha) 9 Gen 2 pada seluruh seri TV OLED ini memberi peningkatan pada kualitas tayangan dan audio.

Untuk peningkatan kualitas tayangan, algoritma pembelajaran ini dikembangkan LG dari database luas yang mencakup lebih dari satu juta data visual. Variasi data visual inilah yang kemudian berpadu dengan kemampuan prosesor melakukan pengenalan kualitas dari sumber asal konten. Paduan kerja unik ini kemudian menjadi bekal prosesor untuk melakukan metode terbaik dalam menampilkan tayangan paling optimal.

Di sisi lain, prosesor pintar α (Alpha) 9 Gen 2 pun melakukan penyesuaian pemetaan nuansa warna dengan mempertimbangkan kondisi pencahayaan sekitar ruang tempat TV terpasang. Hal ini akan memicu TV untuk menyesuaikan tingkatan kecerahan layar (brightness) dengan mempertimbangkan kondisi pencahayaan sekitar ruang yang berbeda-beda.
Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan

Khusus dalam menangani konten HDR pun, kecerdasan buatan yang tertanam dalam prosesor α (Alpha) 9 Gen 2 membuatnya mampu menyesuaikan tingkat kecerahan gambar yang dikatakan bahkan memberikan detail lebih baik dari bagian gambar tergelap dalam tayangan. Berkat kemampuan penyesuaian kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan sekitar ini pula, TV LG dengan prosesor pintar α (Alpha) 9 Gen 2 mampu memberikan tayangan dengan kontras, detail dan kedalaman warna lebih baik pada tayangan meski dalam lingkungan pencahayaan terang benderang.

Masih menyoal kemampuannya dalam menangani konten HDR, kolaborasi LG dengan Dolby Laboratories membuat TV LG ini mendapat manfaat dari inovasi visual terkini Dolby yang dapat secara pintar menyesuaikan konten Dolby Vision dalam mem-berikan visual terbaik. Bekal kemampuan besar dalam pe-nanganan konten HDR inilah yang membuat jajaran TV LG terbaru ini dikatakan paling mampu memberikan pengalaman HDR terlengkap dan terbaik pada berbagai kondisi pencahayaan ruang yang bervariasi.
Prosesor Pintar Ini Bikin Smart TV Keluarkan Suara Sesuai Luas Ruangan

Pada bagian audio, kecerdasan pun diterapkan dengan algoritma khas prosesor pintar α (Alpha) 9 Gen 2 yang memungkinkan paduan dua kanal audio untuk menghasilkan suara surround setara 5.1. Optimalisasi keluaran audio dilakukan berbasis pada tipe konten yang sedang dinikmati. Membuatnya dapat melakukan penyesuaian berbeda pada tayangan film, drama dan bahkan tayangan berisi berita.

Selain berbasis konten, penyesuaian keluaran audio pun dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi ruang. Pengguna dapat memilih pengaturan mandiri atau memerintahkan TV LG melakukan pengaturan tingkat keluaran audio paling optimal dengan pertimbangan posisinya pada TV.

Serupa dengan sisi visual, kerja bersama LG dengan Dolby Laboratories pun membuat TV LG memiliki fitur Dolby Atmos. Inovasi terkini Dolby pada audio ini memberikan pengguna TV LG terbaru pada suara realistis yang memberikan nuansa keterlibatan lebih baik pada pengguna dengan tayangannya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5927 seconds (0.1#10.140)