alexametrics

Apple Pangkas Harga di China untuk Genjot Penjualan, Indonesia Kapan?

loading...
Apple Pangkas Harga di China untuk Genjot Penjualan, Indonesia Kapan?
Apple memangkas harga iPhone di China guna mendongkrak penjualan. Tapi belum diketahui apakah di Indonesia harganya juga akan didiskon. Foto/ist
A+ A-
BEIJING - Penjualan trio iPhone 2018 yang tak sesuai harapan memaksa Apple menggelar strategi pemangkasan harga. Dan pekan ini harga iPhone di China turun, tapi untuk market Indonesia belum ada konfirmasi apakah bakal ikut turun atau tidak.

Laman Giz China, Sabtu (12/1/2019), menyebutkan, sebuah laporan baru datang pada pekan ini mengungkap, Apple telah memangkas harga ponsel cerdasnya di China. Sekarang konsumen bisa mendapatkan iPhone 8, iPhone XS atau XR dari penjual pihak ketiga dengan harga lebih murah.

Mulai hari ini, model iPhone baru mana pun terpangkas 15% dan 22% lebih rendah jika dibeli melalui pengecer resmi seperti JD.com atau Suning. Langkah ini merupakan konsekuensi langsung dari perubahan strategi harga Apple yang bertujuan mendongkrak penjualan seri iPhone 2018. Sebab sampai sekarang tingkat penjualannya secara global sangat jauh dari target.



Jika langkah baru ini gagal juga untuk meningkatkan penjualan, maka raksasa teknologi Amerika itu akan dipaksa untuk menurunkan harganya lebih jauh dalam waktu dekat.

Diskon harga terbesar sedang ditawarkan untuk iPhone 8 atau iPhone 2017. Smartphone ini sekarang dapat diperoleh seharga Rp8,3 juta di JD.com. Artinya ada diskon 21,5% dari harga reguler Rp11 juta per unit. Lalu IPhone XR juga harganya dipangkas dari Rp14 juta menjadi Rp11 jutaan.

Tentu saja, pemotongan harga ini hanya akan terlihat melalui pengecer resmi berlisensi. Ini berarti pelanggan di China yang memilih membeli handset dari Apple Store harus membayar harga lebih mahal.

Bagaimana dengan Indonesia? Trio iPhone 2018 hadir menggonda konsumen di Tanah Air secara resmi pada pertengahan Desember. Erajaya Group sebagai salah satu distributor resminya menjual iPhone XS hadir dengan tiga versi kapasitas penyimpanan yaitu 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Soal harga untuk varian penyimpanan bawaan (ROM) 64 GB seharga Rp20 jutaan, ROM 256 GB (Rp23,5 juta), dan ROM 515 GB (Rp27,5 juta).

Sedangkan iPhone XS Max tersedia tiga versi yang sama dan dijual seharga Rp22,5 juta (ROM 64 GB), Rp25,5 juta (256 GB), serta Rp29,5 juta (512 GB). Untuk tipe standarnya, yakni iPhone XR dijual seharga Rp15,2 juta (ROM) 64 GB, Rp16,5 juta (ROM 128 GB), dan Rp18,3 juta (256 GB).

Sampai sekarang belum ada informasi apakah Apple juga memutuskan memangkas harga produknya di Indonesia. Kita tunggu saja kabar baiknya dari Cupertino.
(mim)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak