Google 'Tendang' Aplikasi yang Minta Akses SMS-Telepon dari PlayStore

Selasa, 15 Januari 2019 - 18:00 WIB
Google Tendang Aplikasi yang Minta Akses SMS-Telepon dari PlayStore
Google 'Tendang' Aplikasi yang Minta Akses SMS-Telepon dari PlayStore
A A A
MOUNTAIN VIEW - Tahun lalu Google mengumumkan akan mengubah kebijakannya terkait beberapa aplikasi yang diterbitkan di PlayStore. Perusahaan berbasis di Mountain View itu menangani persoalan akses ke data sensitif dan izin pengguna dengan sangat serius.

Itulah sebabnya mengapa ke depannya tidak akan ada lagi pengembang bisa melepaskan aplikasi yang memerlukan akses ke SMS atau Log Panggilan di Google PlayStore.

Hari ini, raksasa mesin pencarian itu mengumumkan akan mulai menghapus semua aplikasi yang meminta izin SMS atau Panggilan Log dari Google Play Store. Untuk melakukan sweeping, pihak Google meminta waktu selama beberapa pekan ke depan. Pengembang yang belum mengirimkan formulir pernyataan izin akan diusir atau dihapus aplikasinya dari PlayStore.

Jika itu terjadi, mereka memiliki dua pilihan yaitu mengirimkan versi baru tanpa izin yang dipersoalkan. Atau bisa juga mengirimkan versi baru yang mempertahankan akses data berizini, namun mengisi formulir deklarasi khusus di dalam Play Console. Deklarasi ini memberi pengembang perpanjangan hingga 9 Maret untuk menghapus izin atau menerima persetujuan untuk penggunaan aplikasinya.

Langkah Google bertujuan menghilangkan kasus-kasus yang melibatkan aplikasi meminta izin akses terhadap SMS dan Log Panggilan pengguna. Kebijakan baru tersebut tentu akan membatasi akses pengembang ke izin SMS dan Log Panggilan supaya meningkatkan kontrol pengguna atas data yang mereka miliki.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0705 seconds (0.1#10.140)