YouTube Larang Konten Challenge dan Prank Berbahaya di Platform-nya

Jum'at, 18 Januari 2019 - 20:00 WIB
YouTube Larang Konten Challenge dan Prank Berbahaya di Platform-nya
YouTube Larang Konten Challenge dan Prank Berbahaya di Platform-nya
A A A
CALIFORNIA - YouTube resmi melarang para konten kreator untuk membuat video terkait challenge atau video candaan mengerjai orang lain (prank) yang membahayakan.

Prank yang dilarang dalam kebijakan baru YouTube adalah yang menyebabkan cedera fisik, karena aktivitas tersebut melanggar peraturan YouTube. Karena anak usaha dari Google itu melarang konten yang memuat aktivitas kekerasan atau berbahaya.

"Kami tidak mengizinkan lelucon yang membuat para korban percaya bahwa mereka berada dalam bahaya fisik yang serius," kata YouTube dikutip melalui laman The Guardian, Jumat (18/1/2019).

YouTube juga melarang prank yang dapat mengakibatkan stres berat pada anak-anak, termasuk trauma seumur hidup. "Kami juga tidak mengizinkan lelucon yang menyebabkan anak-anak mengalami tekanan emosional yang parah, yang menyebabkan dampak sangat buruk sehingga bisa membuat anak itu trauma seumur hidup," ujar YouTube.

Kebijakan ini hadir lantaran warganet resah oleh Bird Box challenge yang terinspisari dari judul film sama. Challenge tersebut melakukan aktivitas dengan mata yang ditutup kain. Tak sedikit pembuat konten yang mengunggah konten lucu saat beraktivitas tapi dengan mata tertutup.

Namun banyak yang membuat tantangan ini menjadi berbahaya. Seperti salah seorang YouTuber, Jake Paul yang pernah mengikuti Bird Box Challenge tersebut.

Dia menggunakan penutup mata sambil menyeberang jalan, serta menyetir mobil dengan mata yang ditutup. Akibat challenge ini juga, Netflix, yang menayangkan film Bird Box, harus mengeluarkan pernyataan resmi berisi permintaan pada penonton agar tidak melakukan aktivitas yang meniru adegan film tersebut.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0522 seconds (0.1#10.140)