Carlos Ghosn Tawarkan Saham dan Paspor untuk Jaminan

Selasa, 22 Januari 2019 - 10:30 WIB
Carlos Ghosn Tawarkan Saham dan Paspor untuk Jaminan
Carlos Ghosn Tawarkan Saham dan Paspor untuk Jaminan
A A A
JAKARTA - Mantan Chairman Nissan Motor Co Carlos Ghosn menawarkan sahamnya di Nissan sebagai jaminan, menyerahkan paspor dan mengajukan pelacak elektronik sebagai bagian dari upayanya meyakinkan pengadilan Tokyo agar memberinya pembebasan bersyarat.

Saat ini Ghosn menunggu pengadilan untuk berbagai dakwaan penyelewengan keuangan. Ghosn dipenjara sejak dia ditahan pada 19 November. Dia meminta Pengadilan Distrik Tokyo untuk kedua kali agar memberinya pembebasan bersyarat setelah permintaannya pekan lalu ditolak. Pemeriksaan dijadwalkan pada Senin (21/1) malam di Tokyo.

Dia bersedia menawarkan jaminan lebih tinggi untuk dapat bebas dan tetap berada di apartemen di Tokyo yang telah disewa keluarganya. Tidak dijelaskan secara rinci berapa nilai jaminan yang ditawarkannya.

“Saya masih meringkuk di pusat penahanan, 64 hari setelah saya ditahan, tanpa ada kemungkinan pembebasan,” papar Ghosn dalam pernyataan yang dirilis, dilansir Reuters. “Saat pengadilan mempertimbangkan aplikasi pembebasan bersyarat saya, saya ingin menekankan bahwa saya akan tetap di Jepang dan menghormati semua dan apapun syarat pembebasan yang diberikan Pengadilan,” ujarnya.

Ghosn menyangkal tiga dakwaan penyalahgunaan keuangan oleh otoritas Jepang, termasuk tidak menyebut semua pendapatannya selama delapan tahun dan secara sementara memindahkan kerugian keuangan pribadi ke pembukuan Nissan.

Pengadilan Tokyo pekan lalu menolak aplikasi pembebasan bersyaratnya, karena khawatir dia akan terbang ke luar negeri.

Ghosn berencana perg ke Prancis jika dibebaskan dan kembali ke Jepang untuk mengikuti pengadilan, namun dia kini ingin tetap breada di Jepang, menurut keterangan sumber yang mengetahui masalah itu.

“Saya akan menghadiri pengadilan saya tidak hanya karena saya secara hukum wajik melakukannya tapi karena saya ingin memiliki peluang membela diri saya sendiri. Saya tidak bersalah dalam berbagai tuduhan pada saya,” kata Ghosn.(Syarifudin)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6796 seconds (0.1#10.140)