Malaysia Putuskan untuk Tidak Pakai Teknologi 5G

Rabu, 23 Januari 2019 - 10:03 WIB
Malaysia Putuskan untuk Tidak Pakai Teknologi 5G
Malaysia Putuskan untuk Tidak Pakai Teknologi 5G
A A A
KUALALUMPUR - Seteleh diselidiki dengan seksama, akhirnya Malaysia memutuskan untuk saat ini tidak menggunakan teknologi 5G buatan China. Keinginan Huawei untuk membangun infrastruktur 5G di Malaysia dipandang sebagai ancaman terhadap kedaulatan negara atas berbagai risiko informasi pribadi yang terekspos kepada orang luar.

Ketua Dewan Penasihat Pemerintah Tun Daim Zainuddin mengatakan ada beberapa hal yang perlu dikhawatirkan mengenai fasilitas ini meskipun ia dapat memberikan kecepatan transfer data dan penyimpanan informasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Kita harus berhenti dan mempertanyakan harga yang harus dibayar untuk fasilitas ini. Informasi ini bukan hanya apa yang kami bagikan secara pribadi, data tentang apa yang kami lakukan, ke mana kami pergi, apa yang kami beli, dan apa yang kami katakan dapat diambil dari perangkat harian biasa.

"Apa dampak keamanan, pertahanan, pribadi, dan strategis dari teknologi ini yang dipimpin oleh Cina?" Katanya seperti dikutip dari laporan portal Malaysiakini.

Sebelumnya, Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad mengatakan Malaysia tidak menemukan perusahaan itu melakukan kesalahan di Malaysia.

"Apa yang ingin dilakukan Jerman akan ditentukan oleh Jerman dan Kanada akan melakukan apa serta keputusan mereka ada pada mereka,"

"Tetapi Malaysia tidak akan mengikuti apa yang dilakukan orang lain, dan kami perlu menyelidiki dan memastikan apakah itu dibenarkan untuk mengambil tindakan seperti itu terhadap perusahaan," katanya dalam menjawab pertanyaan oleh audiensi setelah menyampaikan diskusi Oxford Union yang disiarkan langsung oleh Astro Awani dari London sebelumnya hari ini, tutur Mahathir seperti dilansir dari The Star.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8200 seconds (0.1#10.140)