Rumor: Huawei P30 Punya Layar Besar, Kamera Mengesankan, dan Kaya RAM

Kamis, 24 Januari 2019 - 12:00 WIB
Rumor: Huawei P30 Punya Layar Besar, Kamera Mengesankan, dan Kaya RAM
Rumor: Huawei P30 Punya Layar Besar, Kamera Mengesankan, dan Kaya RAM
A A A
BEIJING - Sesuai rutinitas, Huawei P30 dan P30 Pro diprediksi segera menyapa industri seluler. Merujuk rumor terbaru, generasi penerus P20 ini diklaim memiliki layar besar, kamera beresolusi tinggi, dan jumlah RAM signifikan.

Mengawali rumornya, Huawei P30 Pro, dinyatakan mengadopsi layar OLED seperti P20 Pro tahun lalu. Namun kali ini panel diatur menyerupai Huawei Mate 20 Pro dengan tepi melengkung di kedua sisi.

Selain itu, laman Giz China menyebutkan, laporan yang ada menunjukkan layar 6,5 inci yang besar bakal membuat perangkat ini setara dengan iPhone XS Max milik Apple.

Di sisi lain, Huawei P30, juga diatur untuk mengadopsi layar OLED. Ini adalah yang pertama bagi Huawei karena biasanya menggunakan panel LCD untuk penawaran ini. Hanya tidak seperti saudara premiumnya, tak ada tepi melengkung yang didamkan para pengguna. Layar perangkat juga dikatakan sedikit lebih kecil yakni 6,1 inci.

Dari segi ukuran, Huawei P30 Pro dibandingkan Mate 20 Pro tahun lalu tidak lebih besar dari Huawei P20 yang sukses di pasaran. Dimensi ini dicapai terutama dengan kombinasi bezel atas dan bawah yang lebih ramping.

Namun, Huawei juga dikatakan telah mengadopsi takik waterdrop atau tetesan air pada seri andalannya tersebut dan detailnya bertepatan dengan set rendering sebelumnya. Bahkan, karena inilah perusahaan diduga memilih melewati teknologi pengenalan wajah yang diperkenalkan pada Mate 20 Pro.

Sebagai gantinya, perusahaan manufaktur China tersebut hanya mengandalkan pemindai sidik jari dalam layar. Masih belum jelas apakah ini adalah sensor optik atau ultrasonik.

Melihat bagian belakang dari masing-masing perangkat, laporan menunjukkan Huawei P30 Pro punya pengaturan kamera Mate 20 Pro. Jika demikian, konsumen dapat mengharapkan kamera utama 40 MP, sensor 20 MP digabungkan lensa sudut lebar, dan alternatif telefoto ketiga yang memberikan resolusi 8 MP serta mendukung 3x optical zoom.

Lampu kilat LED dua warna dan fokus otomatis laser kemungkinan juga menyertainya. Jika pengaturan ini ada, Huawei P30 Pro dipastikan dapat menghasilkan beberapa gambar yang cukup mengesankan, terutama dalam kondisi cahaya rendah.

Beralih ke Huawei P30 Pro yang punya layar lebih besar, laporan itu tidak menentukan jumlah pasti kameranhya. Walaupun kebocoran sebelumnya menyebutkan empat kamera akan hadir di bodi belakang.

Sudut lebar dan telefoto diharapkan tetap dipertahankan oleh pabrikan. Sementara kamera utama dapat diganti oleh sensor 38 MP yang belum diumumkan oleh Sony. Harapannya dapat membawa perbaikan besar pada fotografi cahaya rendah, sehingga semakin memperkuat posisi dominan Huawei di segmen tersebut.

Kamera keempat pada Huawei P30 Pro rumornya menjadi sensor Time-of-Flight. Fitur yang sama diberitakan ikut dibenamkan ke handset Samsung Galaxy S10 X 5G dan Apple iPhone XI. Jika diterapkan, sensor 3D membantu menghasilkan gambar bokeh yang lebih baik dan berguna dalam implementasi konten AR potensial.

Pada catatan terakhir, laporan yang bocor menunjuk penggunaan chipset Kirin 980 milik Huawei sendiri ke dalam duo tersebut. Chipset ini dibangun pada proses 7-nanometer dan sedikit lebih lambat dari Qualcomm Snapdragon 855 atau Apple A12 Bionic.

Prosesor ini diduga dipasangkan dengan RAM 8 GB di Huawei P30 dan RAM 12 GB ke dalam model Pro. Soal varian penyimpanannya sampai sekarang masih belum jelas, tapi diharapkan Android 9 Pie lengkap dengan hamparan EMUI 9.1 yang diperbarui bakal mengoperasikan perangkat.

Seri Huawei P30 kemungkinan besar diresmikan pada akhir Maret, seperti jajaran Huawei P20 tahun lalu. Namun Huawei telah mengumumkan adanya acara MWC. Jadi ada kemungkinan flagship itu akan membuat penampilan kejutan sebelum waktunya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1781 seconds (0.1#10.140)