alexametrics

BlackBerry Luncurkan Solusi Ruang Kemudi Digital Teraman

loading...
BlackBerry Luncurkan Solusi Ruang Kemudi Digital Teraman
BlackBerry Luncurkan Solusi Ruang Kemudi Digital Teraman
A+ A-
LAS VEGAS - Pada awal tahun ini, tepatnya 7 Januari, BlackBerry Limited meluncurkan solusi kokpit digital pertama di dunia untuk produsen otomotif. QNX Platform untuk ruang kemudi digital ini hadirkan aplikasi Android untuk mobil dengan tingkat keamanan tinggi.

Platform QNX untuk ruang kemudi digital memungkinkan produsen otomotif untuk menyediakan klaster instrumen dan sistem hiburan digital berbasis QNX yang andal dan aman. Aplikasi ini dapat mengakses aplikasi-aplikasi berbasis Android lainnya seperti Google Maps dan Google Play Music dan dapat dioperasikan melalui satu Electronic Control Unit (ECU).

Sistem informasi Hypervisor bersertifikasi ISO 26262 dari BlackBerry memastikan sistem operasi ganda seperti klaster hiburan dan sistem informasi lainnya tidak saling mengganggu satu sama lain. Hal ini penting agar fungsi kemudi utama kendaraan tidak terganggu apabila satu aplikasi mengalami kerusakan, dibajak, atau perlu adanya pembaharuan sistem.



Platform QNX BlackBerry untuk ruang kemudi digital merupakan strategi baru perusahaan dalam melakukan pemasaran, dengan mengembangkan dan menjual solusi spesifik yang dapat digabungkan dengan produk pelengkap lainnya.

Platform QNX BlackBerry untuk ruang kemudi digital ini dapat menggabungkan BlackBerry’s safety-certified QNX Hypervisor for Safety, QNX Platform for Instrument Clusters, QNX CAR Platform for Infotainment, dan aplikasi Android lainnya yang aman.

John Wall, Senior Vice President and GM of BlackBerry QNX, BlackBerry mengatakan, solusi ruang kemudi digital juga membantu produsen otomotif mempersingkat waktu pengembangan sistem otomotif serta mengurangi risiko dan biaya proyek dari tahap penelitian hingga ke tahap produksi.

"Dengan ECU pada mobil yang semakin terkonsolidasi, produsen otomotif mulai mencari solusi yang aman, andal, dan fleksibel untuk menyediakan pengalaman berkendara yang unik," kata John Wall.

Setelah dua tahun dilakukan perbaikan dan pengujian, lanjut John, pihakanya telah menciptakan ruang kemudi digital pertama yang memiliki sertifikasi keamanan internasional dan menyediakan aplikasi Android yang aman untuk mobil.

"Kami yakin bahwa kemampuan menyediakan tingkat keamanan tinggi akan menjadi pembeda utama diantara para produsen otomotif. Apalagi, konsumen juga semakin mempertimbangkan keamanan dan privasi data saat membeli kendaraan.”

BlackBerry QNX Platform untuk ruang kemudi digital merupakan hasil kerja sama dengan Tata Elxsi yang menyediakan sistem dengan penyesuaian khusus dan dukungan terhadap sistem Android, serta memastikan sistem dapat terus diperbarui dan disesuaikan dengan sistem Android selama masa pakai kendaraan.

Pengembangan BlackBerry QNX Platform untuk ruang kemudi digital merupakan bagian dari kemitraan BlackBerry dengan Tata Elxsi yang sudah berjalan beberapa tahun dan diumumkan secara publik pada tahun 2017. Tata Elxsi telah menandatangani kontrak kerja sama dengan BlackBerry sebagai integrator untuk membantu perusahaan merancang dan mengembangkan solusi yang aman dengan memanfaatkan teknologi BlackBerry QNX.

"Kami telah menghadirkan ekosistem Android ke dalam perangkat mobile, Smart TV, dan otomotif selama lebih dari 10 tahun dengan memanfaatkan Android Center of Excellence kami," ujar Nitin Pai, Senior Vice President of Marketing and Strategy, Tata Elxsi.

Kemitraan antara Tata Elxsi dengan BlackBerry, paparnya, menggabungkan dua perusahaan global kelas dunia dalam rangka menghadirkan platform ruang kemudi digital masa depan yang aman serta memberikan jaminan terhadap kualitas dan dukungan jangka panjang yang diinginkan oleh para produsen otomotif dari penyedia platform dan solusi

BlackBerry menyediakan OEM berteknologi canggih di seluruh dunia untuk melindungi perangkat keras, perangkat lunak, aplikasi, dan sistem end-to-end dari serangan siber.

"Berkat pengalaman BlackBerry dalam mengutamakan keselamatan, keamanan, dan inovasi yang berkelanjutan, teknologi QNX kini dikembangkan bersama-sama dengan produsen mobil seperti Baidu, Delphi, Denso, NVIDIA, Qualcomm, Visteon, Jaguar Land Rover, BYTON, dan lainnya, serta telah dipasang pada lebih dari 120 juta kendaraan," paparnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak