Microsoft Pasang 'NewsGuard' di Browser untuk Perangi Hoaks

Jum'at, 25 Januari 2019 - 17:00 WIB
Microsoft Pasang NewsGuard di Browser untuk Perangi Hoaks
Microsoft Pasang 'NewsGuard' di Browser untuk Perangi Hoaks
A A A
REDMONT - Microsoft bekerja sama dengan NewsGuard memerangi berita bohong atau hoaks . Caranya dengan memberikan fitur peringatan soal berita palsu di browser seluler Edge.

NewsGuard bukan sepenuhnya buatan Microsoft, melainkan dibuat oleh perusahaan pihak ketiga dengan nama yang sama. NewsGuard didirikan oleh dua orang jurnalis, yaitu Steven Brill dan Gordon Crovitz.

Dikutip dari laman The Verge, Jumat (25/1/2019), keduanya menilai suatu situs berdasarkan berbagai kriteria, termasuk penggunaan headline yang menipu, apakah mereka berulang kali menerbitkan konten palsu, dan transparansi mengenai kepemilikan,

Dijelaskan, seluruh pengecekan konten di dalam situs yang mendapatkan peringatan dari NewsGuard sepenuhnya melalui proses pengecekan manual oleh jurnalis. Jadi bukan melalui kecerdasan buatan (AI).

NewsGuard menggunakan indikator standar etika jurnalisme yang dipantau dari konten situs tersebut. Saat ditandai, kemungkinan besar situs tersebut kerap menulis berita yang tidak sesudai dengan fakta.

Jika ingin menggunakan fitur ini, pengguna Microsoft Edge terlebih dulu melakukan pembaruan browser lalu mengaktifkan secara manual di konfigurasi browser. Setelah mendapat pembaruan dan fitur telah diaktifkan, pengguna akan menemukan ikon perisai di bagian kolom alamat situs.

Apabila perisai bertanda merah, artinya situs atau konten mendapatkan penilaian buruk dari NewsGuard. Jika ikon perisai berwarna abu-abu, artinya situs atau konten belum melalui pengecekan oleh NewsGuard.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7939 seconds (0.1#10.140)