alexametrics

Kapan Petir Akan Menyambar Kini Bisa Ditebak

loading...
Kapan Petir Akan Menyambar Kini Bisa Ditebak
Ilustrasi Petir. FOTO/ Ist
A+ A-
NEW YORK - Para ilmuan berhasil membuat simulasi global yang lebih akurat untuk memprediksi kapan dan dimana petir akan menyambar.

Seperti dilansir dari The SUN, Dalam teori ilmiah, petir biasanya terbuat dari dua bahan utama. Bahan pertama, dia membutuhkan udara hangat yang naik untuk menciptakan awan guntur. Bahan yang kedua adalah awan guntur harus mempunyai graupel atau hujan es lembut yang berbentuk tetesan super dingin. BACA: Kumpulan Berita Sains yang Bikin Viral

Perbedaan muatan listrik yang tercipta bisa menghadirkan medan listrik yang besar sehingga tercipta petir. Model cuaca dan iklim untuk mensimulasikan petir yang sebelumnya dikuasai oleh ilmuwan memiliki resolusi spasial sekitar 100 kilometer.



Mereka mensimulasikan petir yang terjadi dalam 5 tahun dengan detail wilayah cukup kecil yaitu sepanjang 10 kilometer. Tim tersebut akhirnya dapat secara akurat mendeteksi hotspot petir di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggara.

Petir adalah suatu fenomena alam yang disebabkan karena adanya peluahan muatan elektrik di atmosfir yang memiliki arus sangat besar dan waktu yang sangat singkat sehingga sulit untuk dikendalikan. Fenomena alam ini ditandai dengan suara guruh dan kilatan cahaya yang diakibatkan oleh adanya peluahan muatan dalam jumlah besar dan cepat.

Ada dua tipe umum peluahan petir yaitu : Petir yang terjadi antara awan dan permukaan tanah dan petir yang terjadi di dalam awan dan antar awan.

Setiap puluhan petir yang terjadi di dalam awan, antar awan maupun dari awan ke tanah, akan memunculkan radiasi elektrik dengan spektrum frekuensi sangat lebar (dalam orde kHz hingga orde MHz).
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak