Ini Cara Si Merah Dorong Kebangkitan Ekonomi Pandeglang

Selasa, 18 Agustus 2020 - 23:17 WIB
loading...
Ini Cara Si Merah Dorong Kebangkitan Ekonomi Pandeglang
Manajemen Telkomsel memberikan bantuan 10 unit kapal penangkap ikan dan sosialisasi platform digital yang diarahkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ke para nelayan di Pandeglang, Banten, Selasa (18/7/2020). Foto/Ist
A A A
PANDEGLANG - Digitalisasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tangkap ikan para nelayan di Indonesia. Telkomsel alias "Si Merah" pun terpanggil menggunakan teknologinya memacu produktifitas para nelayan tangkap. (Baca juga: Dapat Tambahan Fulus dari Kemenkeu, KKP Siap Kucurkan Rp474,9 M untuk Nelayan )

Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) , Telkomsel, hari ini, menyerahkan bantuan berupa 10 unit kapal penangkap ikan bagi nelayan di Kabupaten Pandeglang, Banten. Pemberian bantuan yang menjadi bagian dari inisiatif corporate social responsibility (CSR) tersebut bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat pascabencana tsunami Pandeglang lantaran warga sekitar banyak yang bergantung pada aktivitas penangkapan ikan.

Penyaluran bantuan ini disertai edukasi dan sosialisasi aplikasi digital e-LogBook Penangkapan Ikan dari KKP dan Aplikasi Fish-On kepada para nelayan agar mereka dapat terdigitalisasi menjadi nelayan digital, sehingga bosa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia agar memudahkan penangkapan ikan.
Ini Cara

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan, Telkomsel berkomitmen terus bergerak maju dalam menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat melalui kegiatan CSR yang berkelanjutan. Tentunya yang seusai dengan kebutuhan masyarakat.

Telkomsel percaya perubahan nyata yang dihadirkan akan semakin memiliki dampak besar dengan melakukan upaya kolaboratif bersama para pemangku kepentingan lainnya.

"Maka dari itu, melalui kerja sama dengan KKP, kami juga berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat maksimal untuk membantu nelayan di Pandeglang membangkitkan perekonomian setempat, terutama pascabencana tsunami beberapa waktu lalu dan menghadapi masa sulit seperti saat ini,” papar Setyanto.
Ini Cara

Bantuan 10 kapal yang diberikan Telkomsel diarahkan oleh KKP RI diserahkan secara langsung kepada para nelayan yang berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Telkomsel bersama KKP juga memastikan seluruh bantuan diberikan secara tepat sasaran ke penerima bantuan.

"Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan kegiatan ini," tambahnya.

Kabupaten Pandeglang sendiri dikenal sebagai wilayah dengan potensi kawasan laut yang luas, khususnya Kecamatan Sumur yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah utara, selatan, dan barat. Oleh karena itu, penyaluran bantuan dari Telkomsel dan KKP diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian lokal melalui pengembangan sektor kelautan dan perikanan.
Ini Cara

Selain itu, ketersediaan kapal penangkap ikan juga dapat dimaksimalkan untuk upaya dalam memastikan menjaga produktivitas para nelayan di tengah situasi penuh tantangan yang dialami bangsa Indonesia terkait dengan pandemi COVID-19. (Baca juga: Bisa Enggak Kamera Note20 Ultra Punya Foto Kayak Gini Ya... )

“Inisiatif kami untuk para nelayan di Kabupaten Pandeglang merupakan bagian dari perwujudan pilar filantropi di dalam program CSR berkelanjutan yang konsisten kami hadirkan," tandasnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)