alexametrics

Perkuat Pasar, Isuzu Andalkan Produk Terbaru Isuzu GIGA

loading...
Perkuat Pasar, Isuzu Andalkan Produk Terbaru Isuzu GIGA
Perkuat Pasar, Isuzu Andalkan Produk Terbaru Isuzu GIGA
A+ A-
MENGAWALI tahun 2019, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kian agresif membidik pasar truk dengan meluncurkan New Isuzu GIGA Tractor Head di Jakarta pada Kamis (24/1). Truk yang bermain di segmen kategori tiga ini diklaim menjadi solusi bagi pebisnis dengan adanya regulasi truk over dimension dan overloading (ODOL) yang mulai ditindak tegas pemerintah.

Menurut peraturan pemerintah, truk berukuran menengah dengan dua sumbu memiliki beban maksimal 16 ton, sedangkan tiga sumbu maksimal 26 ton. Tetapi kenyataannya, berat yang diangkut selalu melebihi kapasitas. Kondisi tersebut terjadi akibat tingginya biaya operasional sehingga memaksa pebisnis memangkas dengan melakukan satu pengiriman yang berujung pada muatan overload.

“Jika dibedah lebih dalam, cost yang paling besar adalah operasional. Sekitar 53%-nya dari konsumsi bahan bakar solar. Ini yang menjadi perhatian kami, bagaimana caranya menekan owning cost (biaya kepemilikan) dan biaya operasional,” ungkap GM Sales Division IAMI Yohannes Pratama.



Dengan semakin ketatnya peraturan pemerintah, kini banyak pebisnis mulai beralih dari sebelumnya menggunakan truk rigid ke tractor head. Secara kemampuan, jenis tractor head memiliki daya tampung yang lebih besar sehingga bisa memberikan solusi.

New Isuzu GIGA Tractor Head ini diklaim memiliki daya angkut 32,7-46,1 ton. Isuzu juga menyediakan empat varian yang bisa menjadi pilihan konsumen, yakni GIGA GXZ 60 K ABS (N), GIGA GVZ 34 K HP ABS (N), GIGA GVR 34 J HP ABS (N), dan GIGA FVR 34 P TH (N).

Direktur Marketing Light Commercial Vehicle IAMI Joen Boedi Putra menjelaskan, perbedaan yang menonjol di New Isuzu GIGA Tractor Head adalah sektor keamanan dan kenyamanan. Kendaraan itu sudah dilengkapi rem angin, pengereman ABS (anti-lock braking system), dan jok yang dibekali suspensi.

“GXZ 60 K dengan fitur ABS merupakan varian baru. Mesinnya juga baru, 6NX1-TCS. Tenaganya lebih besar, 345 daya kuda, dan torsi 1.323 Newton meter. Kami tambah mesin baru, ada permintaan dari pasar, dan muatan lebih berat,” tuturnya.

Seiring peluncuran Isuzu GIGA Tractor Head pada tahun ini, IAMI memasang target penjualan 21,6% lebih tinggi daripada tahun 2018. Pada 2018, Isuzu mencatat penjualan sebesar 25.286 unit. Angka ini meningkat 23% dibandingkan penjualan Isuzu pada 2017. Pencapaian ini lebih banyak disumbangkan Isuzu Elf, GIGA, dan Mu-X. Sayangnya, model-model passenger, seperti Isuzu D-Max dan Panther, justru mengalami penurunan penjualan.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak