Liza Koshy Youtuber Kocak dengan Jutaan Pengikut

Jum'at, 01 Februari 2019 - 09:39 WIB
Liza Koshy Youtuber Kocak dengan Jutaan Pengikut
Liza Koshy Youtuber Kocak dengan Jutaan Pengikut
A A A
LIZA KOSHY adalah bintang YouTube yang tengah populer saat ini. Gaya komedi dan kekonyolannya menjadi ciri khas dan membuatnya berhasil mendapatkan jutaan pengikut.

Perempuan bernama lengkap Elizabeth Shaila Koshy ini lahir pada 31 Maret 1996 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Dia adalah putri pasangan Jose Koshy yang berasal dari India dan Jean Carol née Hertzler yang merupakan orang asli Amerika Serikat. Ayahnya adalah seorang eksekutif perminyakan, sedangkan ibunya seorang instruktur yoga.

“Saya memiliki dua kakak perempuan bernama Olivia dan Rachel,” ujar Liza, dilansir vogue.com . Liza menempuh pendidikannya di Lamar High School. Dia mulai tertarik dengan aplikasi berbagi video secara online bernama Vine saat masih duduk di sekolah menengah atas (SMA). Dia mulai merekam video enam detik di ponselnya sebagai remaja pada 2013.

Dengan nama samaran Liza, dia mulai mengunggah video komedi pendek. Video pertamanya menampilkan pendakian Liza di atas mobil bersama teman-temannya. “Itu hanya saya dengan telepon saya, di mobil saya, dan menari bersama. Kami berbicara atau membuat lelucon yang sangat buruk,” ungkap Liza.

Ketika Vine ditutup pada 2017, Liza telah memiliki 7 juta pengikut. Dia menjadi bintang Vine yang memiliki salah satu pengikut terbanyak kala itu. Saat itu pun Liza sadar bahwa dia membutuhkan media lain untuk membuat konten komedi dengan durasi yang lebih panjang.

“Saya akhirnya menyadari bahwa saya bisa berbicara lebih lama dari itu,” ujar Liza. Setelah lulus SMA, Liza menempuh kuliah di University of Houston dan mulai belajar pemasaran bisnis pada 2014. Namun pada 2015, Liza meninggalkan kuliah dan pindah ke Los Angeles untuk mengejar kariernya sebagai bintang YouTube . Pada Juli 2015, Liza menciptakan saluran YouTube.

Dia mulai mengunggah video berkonten komedi yang konyol setiap minggu. Dia pun memperkenalkan diri sebagai The Little Brown Girl . Dalam konten videonya, dia menciptakan sosok alter ego bernama Helga yang ceroboh, lucu, dan semaunya sendiri.

Dia juga menciptakan sosok Jet Packinski, seorang lakilaki berkumis beraksen India dengan perilaku eksentrik. Video populer yang pernah diciptakan Liza di antaranya Driving with Liza dan Grocery Shopping with Liza. Menurut jurnalis senior dari The Wall Street Journal, John Jurgensen, salah satu alasan konten komedi Liza populer adalah faktor ulangan, banyak permainan kata, dan makna ganda.

Pendekatan Liza terhadap humor, menurut Jurgensen, tampak tulus dan orang-orang ingin terus mendengarkan apa yang Liza berikan kepada penontonnya. “Dia adalah seorang gadis yang sangat berbakat dan ada banyak hal yang ingin diketahui para penggemar dan pengikutnya,” ujar Jurgensen.

Dia menambahkan, berdasarkan survei yang diadakan lembaga riset digital Nielsen, sebagian besar penonton Liza terdiri dari Generasi Z. Orang-orang dari generasi ini lahir antara tahun 1996 dan 2010. “Sekitar 97% Generasi Z memiliki ponsel pintar. Generasi ini sangat dekat dengan sosial media,” ujar Jurgensen.

Pada Desember 2018, saluran YouTube utama Liza memiliki lebih dari 16 juta pelanggan dan lebih dari 1,9 miliar tayangan. Video di saluran utamanya rata-rata hampir 10 juta tampilan. Saluran YouTube keduanya memiliki lebih dari 7 juta pelanggan dan kedua salurannya memiliki total gabungan lebih dari 2,3 miliar tampilan.

Selain di YouTube, perempuan 22 tahun ini juga populer di media sosial. Dia memiliki lebih dari 17 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 11 juta di TikTok . Dia memiliki lebih dari 2,9 juta pengikut di Facebook dan lebih dari 2,3 juta di Twitter.

Pada Agustus 2017, total penetrasi media sosialnya sekitar 45 juta pengikut. Berkat kreativitas dan popularitasnya di YouTube dan media sosial, Liza telah menerima banyak penghargaan. Dia telah menerima empat Streamy Awards, empat Teen Choice Awards, dan Kids Choice Award. Dia pun berhasil masuk Forbes 30 Under 30 kategori Hollywood & Entertainment pada 2019. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3598 seconds (0.1#10.140)