Google, JD, Tencent & Mitsubishi Suntik Dana ke Gojek

Sabtu, 02 Februari 2019 - 10:03 WIB
Google, JD, Tencent & Mitsubishi Suntik Dana ke Gojek
Google, JD, Tencent & Mitsubishi Suntik Dana ke Gojek
A A A
JAKARTA - Gojek baru saja merampungkan fase pertama dari putaran pendanaan seri F. Adalah Google, JD, Tencent serta beberapa investor lainnya, termasuk Mitsubishi Corporation dan Providen Capital yang menjadi para penyuntuk dana ke perusahaan penyedia moda transportasi online ini.

Sayangnya pihak Gojek tak merinci berapa suntukan modal yang mereka terima. Namun menurut kabar yang beredar dana tersebut mencapai USD 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun. Dengan pendanaan ini, maka valuasi Gojek akan naik menjadi USD 9,5 miliar atau Rp132 triliun.

Dana investasi yang terkumpul akan digunakan untuk memperdalam penetrasi pasar di Indonesia serta memperkuat ekspansi Gojek di kawasan Asia Tenggara, setelah peluncuran Gojek di Singapura, Go-Viet di Vietnam dan GET di Thailand.

Setelah putaran pendanaan Seri F ini, para pendiri Gojek dipastikan akan tetap memiliki kontrol terhadap pengambilan keputusan dan penentuan arah kebijakan perusahaan, agar tetap dapat merealisasikan visi jangka panjang perusahaan serta terus melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis yang pesat.

"Visi kami adalah untuk selalu menciptakan hal-hal yang bermanfaat untuk Indonesia dan memberikan dampak sosial yang positif melalui teknologi. Inovasi kami selalu berorientasi untuk memecahkan masalah baik bagi para pengguna dan maupun mitra kami," kata Nadiem Makarim, CEO Gojek Group dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Gojek akan tetap melanjutkan kemitraan strategisnya dengan joint venture JD.com di Indonesia, yaitu JD.id dan J-Express (JX), perusahaan joint venture layanan pengantaran logistik, untuk mengembangkan kapabilitas logistik dan layanan e-commerce dari hulu ke hilir di Indonesia.

Di bidang logistik, JX akan berkolaborasi dengan jaringan kurir guna menyediakan layanan dan jangkauan logistik yang handal, efisien dengan serta harga yang kompetitif bagi para pelanggannya di seluruh Indonesia.

Kemitraan ini juga akan melibatkan kolaborasi dalam halterkait solusi pembayaran digital, marketing, dan teknologi informasi dengan JD.id, untuk memberikan akses dan kemudahan dalam menawarkan produk-produk dan layanan berkualitas kepada lebih banyak lagi konsumen Indonesia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1160 seconds (0.1#10.140)