alexametrics

Pulau Misterius Tiba-Tiba Muncul di Samudra Pasifik

loading...
Pulau Misterius Tiba-Tiba Muncul di Samudra Pasifik
Pulau Misterius Hunga Tonga. FOTO/ Ist
A+ A-
FONUAFO - Pulau misterius yang tidak pernah ada empat tahun yang lalu 'sekarang penuh dengan kehidupan' - setelah diciptakan oleh letusan gunung berapi laut yang sangat langka.

Seperti dilansir The Sun, Pulau misterius 'sekarang penuh dengan kehidupan' - setelah diciptakan oleh letusan gunung berapi laut yang berada di Samudra Pasifik.

Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha’apai adalah gunung berapi yang terletak sekitar 30 kilometer (19 mil) selatan-tenggara dari Fonuafo yang dikenal sebagai Falcon Island. sebuah pulau yang merupakan bagian dari bangsa Tonga. Gunung berapi ini terletak sekitar 100 kilometer (62 mil) di atas zona seismik yang sangat aktif.



Gunung berapi itu sendiri adalah gunung api bawah laut. terbentang di bawah air laut antara dua pulau yang terpisah, Dua pulau ini merupakan sisa-sisa dari tepi barat dan utara gunung berapi kaldera.

Dua pulau terpisah tersebut, sebagian dari kelompok Hunga Ha ‘apai sekitar 1,6 kilometer, dan masing-masing sekitar 2 km dan sebagian besar terdiri dari andesit.

Hunga Tonga mencapai ketinggian 149 meter dan lebar 390.000 meter persegi, sementara Hunga Ha ‘apai tinggi 128 meter di atas permukaan laut dan lebar 650.000 meter persegi.

Para ahli menemukan ratusan burung laut yang disebut jelaga jelatang yang bersarang di selokan tebing Hunga Tonga.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak