NASA Prediksi Pulau Misterius Akan Muncul Juga di Laut Indonesia

Selasa, 05 Februari 2019 - 19:59 WIB
NASA Prediksi Pulau Misterius Akan Muncul Juga di Laut Indonesia
NASA Prediksi Pulau Misterius Akan Muncul Juga di Laut Indonesia
A A A
FONUAFO - Pulau misterius yang tiba-tiba muncul di Samudara Pasifik menjadi perhatian khusus badan antariksa Amerika Serikat NASA. Pulau misterius Hunga Tonga bukan lah yang pertama dan yang terakhir, karena area tersebut adalah zona Ring of Fire.

Pulau Hungga Tonga ini terbentuk akibat vulkanik Gunung berapi laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai, pulau ini muncul dalam 150 tahun terakhir, dan NASA telah berusaha mengungkap pulau misteri sejak muncul dari laut pada tahun 2015.

Sebagian besar penelitian melibatkan pengambilan bidikan dari satelit atau pesawat terbang, tetapi petugas ruang angkasa baru-baru ini mendapat kesempatan langka untuk menjelajahi Pulau Hunga Tonga dengan berjalan kaki.

"Kami semua seperti anak-anak sekolah yang pusing," kata ilmuwan Dan Slayback dari Goddard Space Flight Center NASA kepada blog Earth Expeditions seperti dilansir The Sun, Selasa (5/2/2019). BACA JUGA: Kumpulan Pulau Misterius di Dunia

"Sebagian besar pulau ini adalah kerikil hitam ini, aku tidak akan menyebutnya pasir, kerikil seukuran kacang polong dan karena panas kita harus memakai sandal sehingga cukup menyakitkan."

Para ilmuwan NASA memperingatkan tahun lalu tentang supervolcano bawah laut yang mengancam akan meledakkan dan membunuh 100 juta orang setelah mereka menemukan kubah lava selebar enam mil di dekat Jepang.

Dan perlu dicatat Anak Gunung Krakatau yang erupsi akhir tahun 2018 lalu adalah berada di zona cincin api, yang suka atau tidak Indonesia adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi, letusan gunung berapi dan Tsunami yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.

" Artinya pulau pulau misterius akan muncul di sepanjang Samudra Pasifik termasuk Jepang dan Indonesia," tutur Ilmuan NASA.

Alasan NASA cukup beralasan pasalnya ketika Ibu Gunung Krakatau meletus di tahun 1883, hasilnya adalah suatu cekungan kaldera berdiameter 7 km dengan kedalaman 250 meter di Pulau Rakata dan karena kemunculan pulau aneh dalam bentuk gunung yang terus tumbuh dan membesar yang dinamakan sebagai Anak Krakatau.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6973 seconds (0.1#10.140)