Mercedes-Benz Experimental Safety Vehicle, Mobil Antitabrakan

Kamis, 07 Februari 2019 - 08:52 WIB
Mercedes-Benz Experimental Safety Vehicle, Mobil Antitabrakan
Mercedes-Benz Experimental Safety Vehicle, Mobil Antitabrakan
A A A
BANYAK pabrikan mobil yang berangan-angan membuat mobil antitabrakan. Setelah Volvo, kini perusahaan mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, berupaya mewujudkan angan-angan itu.

Kepala Riset dan Pengembangan Global Mercedes-Benz Ola Kalennius mengatakan, saat ini Mercedes-Benz tengah membuat mobil konsep yang dinamakan Experimental Safety Vehicle (ESV).

Mercedes-Benz bahkan merencanakan menampilkan mobil konsep itu pada pertengahan tahun ini. “Keamanan adalah inti DNA dari Mercedes-Benz dan tujuan utama kami adalah mencapai tingkat kecelakaan zero (0) di jalan raya,” ujar Ola Kalennius.

Dia mengatakan, saat ini teknologi otonom yang tengah berkembang sangat membantu realisasi mobil antitabrakan dari Mercedes-Benz itu. Menurutnya, saat ini kecelakaan di jalan raya kebanyakan terjadi karena faktor kelalaian manusia.

Teknologi otonom yang lebih canggih dan baik diyakini akan mampu meminimalkan risiko itu. Selain itu, pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan komputerisasi awan juga diyakini semakin membuat mobil itu mampu menghindari potensi tabrakan.

“Kami tidak sabar lagi untuk menunjukkan seperti apa masa depan keamanan jalan raya,” ujar Ola Kalenius. Sayangnya Ola Kalenius enggan men jelaskan dalam bentuk apa mobil itu akan tampil.

Indikasinya Mercedes-Benz akan menggunakan sedan flag ship mereka, Mercedes-Benz S-Class. Pasalnya, pada 2009 Mercedes-Benz pernah menghadirkan Mercedes-Benz ESV generasi pertama pada 2009 dalam bentuk mobil itu. (Wahyu Sibarani)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3543 seconds (0.1#10.140)