Ilmuan Jepang Klaim Bisa Produksi Ginjal dari Embrio Tikus

Kamis, 07 Februari 2019 - 15:02 WIB
Ilmuan Jepang Klaim Bisa Produksi Ginjal dari Embrio Tikus
Ilmuan Jepang Klaim Bisa Produksi Ginjal dari Embrio Tikus
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan di Jepang berhasil memproduksi ginjal dalam embrio tikus menggunakan sel induk tikus lainnya. Metode diyakini mampu diimplementasikan di masa depan.

Seperti dilansir dari Reuters, Namun, para peneliti menekankan bahwa pencapaian tersebut masih dalam tahap awal karena berbagai kelemahan seperti kendala teknis dan masalah etika yang kompleks perlu ditingkatkan sebelum proses dapat dilakukan pada manusia.

Teknik yang sama sebelumnya dilakukan untuk menghasilkan pankreas di tubuh tikus.

Tetapi produksi ginjal, yang merupakan studi terbaru, adalah keberhasilan pertama yang membuktikan metode suatu hari untuk mengatasi masalah kekurangan organ untuk disumbangkan kepada orang yang menderita kerusakan ginjal.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal komunikasi alami dimulai dengan proses identifikasi rumah yang ideal untuk pembentukan ginjal.

Para peneliti mengumpulkan struktur embrio tikus yang secara genetis telah dimodifikasi.

Embrio kemudian disuntikkan dengan sel induk tikus yang belum matang dan kemudian ditanamkan di rahim tikus lain.

Sel punca yang tidak dewasa atau pluripoten adalah sel yang dapat tumbuh menjadi berbagai sel dan jaringan yang membentuk organ dan anggota tubuh.

Para peneliti menemukan bahwa sel-sel induk telah berhasil membentuk ginjal yang berfungsi dengan baik dalam tubuh tikus
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6523 seconds (0.1#10.140)