alexametrics

Cukup Kirim Gambar Format PNG, Peretas Bisa Ambil-Alih Ponsel Android

loading...
Cukup Kirim Gambar Format PNG, Peretas Bisa Ambil-Alih Ponsel Android
Google merilis pembaruan keamanan yang menghadirkan kerentanan kritis dalam kerangka kerja yang memungkinkan peretas masuk ke smartphone berbasis Android. Foto/ist
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Salah satu cara untuk menghentikan ponsel cerdas dari serangan virus atau pembajakan adalah dengan menghindari mengklik tautan atau mengunduh APK yang meragukan.

Sayangnya, peretas dapat menyembunyikan malware mereka bahkan dalam file yang tampaknya tidak berbahaya seperti gambar berformat PNG. Lalu mereka mengambil keuntungan dari kerentanan kritis dalam kerangka Android.

Google belakangan merilis pembaruan keamanan yang menghadirkan kerentanan kritis dalam kerangka kerja yang memungkinkan peretas masuk ke smartphone berbasis Android. Cara peretasannya sangat sederhana, yakni hanya dengan mengirimkan file PNG yang dibuat khusus bagi para korbannya. File ini setelah dibuka sanggup mengakses perangkat dan menjalankannya dengan kode arbitrer dalam konteks proses istimewa.



Laman Giz China, Jumat (8/2/2019), menyebutkan, beruntung Google mengklaim sampai saat ini belum menerima laporan tentang kerentanan khusus ini. Sehingga bisa jadi peretas tidak menemukan masalah tersebut.

Google kemudian memperbaiki cacat itu pada pembaruan keamanan terbaru untuk Android. Sayangnya mereka menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang kerentanan untuk mencegah peretas mengeksploitasinya pada perangkat yang belum diperbarui.

Jadi kalau Anda belum memperbarui software ponsel cerdas Android Anda, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak