Ini Beberapa Tips Agar Akun Instagram Anda Tetap Aman

Minggu, 10 Februari 2019 - 08:52 WIB
Ini Beberapa Tips Agar Akun Instagram Anda Tetap Aman
Ini Beberapa Tips Agar Akun Instagram Anda Tetap Aman
A A A
Bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia pada 5 Februari, Instagram membagi tips keamanan agar pengguna tetap merasa nyaman. Pertama, jika melihat postingan yang seharusnya tidak berada di Instagram, pengguna dapat melaporkan postingan tersebut.

Tim Instagram mengaku akan meninjau dan menghapus setiap postingan yang melanggar Pedoman Komunitas dengan cepat. Caranya, hanya mengklik ikon “...” di pojok kanan atas postingan atau profil seseorang. Konten negatif yang bisa dilaporkan meliputi Stories, Live dan IGTV.

Tidak hanya postingan, pesan masuk yang dikirimkan seseorang melalui Direct juga bisa dilaporkan. Setiap laporan di Instagram bersifat anonim. Tim Instagram mengklaim akan segera meninjau setiap foto, video, komentar maupun pesan yang telah dilaporkan oleh pengguna.

Konten-konten yang bisa dilaporan, utamanya adalah konten perundungan dan pelecehan. Pengguna diberi kebebasan untuk mengatur agar orang lain tidak dapat meninggalkan komentar di postingan mereka. Ada juga filter yang dapat secara otomatis menyembunyikan komentar ofensif di postingan. Bahkan memilih siapa saja orang yang dapat berkomentar di postingan atau bahkan memblokir komentar dari orang tertentu.

Fitur privat juga jadi pilihan termudah untuk mengatur siapa saja yang bisa mengikuti Anda di Instagram dan menghapus pengikut/followers tertentu kapan saja. Jika ada sebuah foto atau video yang ingin Anda hilangkan dari Feed, Anda dapat menghapusnya dengan mengklik “Hapus” di bagian atas postingan, atau Anda dapat mengarsipkan postingan tersebut.

Kehilangan akses masuk ke akun Anda sendiri dapat menjadi sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi akundari tindakan peretasan. Pertama, buat kata sandi yang kuat. Setidaknya, gunakan kombinasi enam karakter yang terdiri dari angka, huruf, dan tanda baca (seperti ! dan &), serta hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk semua layanan internet.

Apabila sudah memiliki kata sandi yang kuat, tingkatkan keamanan akun dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Aplikasi pihak ketiga seperti DUO Mobile atau Google Authenticator dalam melindungi akun juga disarankan.

Tapi, bagaimana cara mengatur berapa banyak waktu yang Anda habiskan di Instagram? Ternyata ada dasbor aktivitas yang dapat diakses di bagian “Aktivitas Anda”. Di bagian atas, Anda dapat melihat dasbor yang menunjukkan jumlah rata-rata waktu yang Anda habiskan di Instagram dalam sehari. Klik di bagian grafik harian untuk melihat total waktu yang telah Anda habiskan selama satu hari.

Di bagian bawah dasbor, Anda dapat mengaktifkan pengingat harian yang akan secara otomatis mengirimkan notifikasi saat Anda telah mencapai batas waktu tertentu dari waktu yang telah ditentukan dalam mengakses Instagram dalam satu hari. Anda dapat mengubah atau menonaktifkan notifikasi tersebut kapan saja. Anda juga dapat mengklik “Pengaturan Notifikasi” untuk mengaktifkan “Senyapkan Notifikasi Otomatis” secara cepat.

Instagram juga memungkinkan pengguna melindungi orang lain. Jika melihat postingan yang mengandung ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri di Instagram, Anda dapat melaporkan postingan tersebut sebagai postingan yang “melukai diri sendiri” secara anonim.

Setelah itu, jika orang tersebut membuka aplikasi Instagram, mereka akan melihat sebuat pesan yang dapat menghubungkan mereka ke beberapa sumber bantuan, seperti berbicara dengan teman, menghubungi layanan bantuan atau menemukan sumber bantuan lain.

Fitur dukungan tersebut juga akan muncul jika seseorang mencoba mencari konten yang bersifat melukai diri sendiri di Instagram. Mulai minggu ini, Instagram juga akan mengaktifkan layar sensitivitas untuk konten yang menunjukkan aksi melukai diri. Gambar tersebut tidak akan langsung terlihat, sehingga akan mempersulit orang untuk menemukannya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4506 seconds (0.1#10.140)